Jumat, 04 September 2020

I"ROB

 .بَابُ اَلْإِعْرَابِ




. اَلْإِعْرَابُ هُوَ تغيير أَوَاخِرِ اَلْكَلِمِ لِاخْتِلَافِ اَلْعَوَامِلِ اَلدَّاخِلَةِ عَلَيْهَا لَفْظًا أَوْ تَقْدِيرًا وَأَقْسَامُهُ أَرْبَعَةٌ رَفْعٌ, وَنَصْبٌ, وَخَفْضٌ, وَجَزْمٌ, فَلِلْأَسْمَاءِ مِنْ ذَلِكَ اَلرَّفْعُ, وَالنَّصْبُ, وَالْخَفْضُ, وَلَا جَزْمَ فِيهَا, وَلِلْأَفْعَالِ مِنْ ذَلِكَ اَلرَّفْعُ, وَالنَّصْبُ, وَالْجَزْمُ, وَلَا خَفْضَ فيها.

.Bab Al I’rab
.

..اَلْإِعْرَابُ هُوَ تغيير أَوَاخِرِ اَلْكَلِمِ لِاخْتِلَافِ اَلْعَوَامِلِ اَلدَّاخِلَةِ عَلَيْهَا لَفْظًا أَوْ تَقْدِيرًا


Yang dimaksud dengan I’rab adalah (taghyir)atau perubahan pada akhir setiap kalimat disebabkan perbedaan amil-amil yang masuk kepadanya baik secara lafadz ataupun perkiraan (taqdir).

Pembagian I'rab

Adapun pembagian i’rab ada empat Bagian yaitu :
  • Rafa (berharkat Dhammah)
  • Nashab (berharkat Fathah)
  • khofadh jar (berharkat Kasrah)
  • Dan jazm. (berharkat Sukuun)



. فَلِلْأَسْمَاءِ مِنْ ذَلِكَ اَلرَّفْعُ, وَالنَّصْبُ, وَالْخَفْضُ, وَلَا جَزْمَ فِيهَا.

Adapun Setiap isim dapat Ber-i'rab rafa’, nashab, serta khafad dan ia tidak bisa Ber-i'rab jazm.(berharkat Sukuun)

Keterangan :
Perubahan pada akhir Isim hanya bisa berubah dengan :
  • I'rab rafa (Dammah)
  • I'rab Nasab (nasab)
  • I'rab Khafad(Kasrah)
  • Tidak bisa ber-I'rab Jazm (Sukun)



. وَلِلْأَفْعَالِ مِنْ ذَلِكَ اَلرَّفْعُ, وَالنَّصْبُ, وَالْجَزْمُ, وَلَا خَفْضَ فيها .

Adapun Setiap fi’il dapat Ber-i'rab rafa’, nashab, jazm, dan ia tidak bisa Ber-i'rab khofadh (berharkat Kasrah)>

Keterangan :
Perubahan pada akhir Isim hanya bisa berubah dengan :
  • I'rab rafa (Dammah)
  • I'rab Nasab(nasab)
  • I'rab Jazm (sukun)
  • tidak bisa ber-I'rab Khafad (Kasrah)


Bab pengenalan Alamat I'rab

.َبَابُ مَعْرِفَةِ عَلَامَاتِ اَلْإِعْرَابِ


.لِلرَّفْعِ أَرْبَعُ عَلَامَاتٍ : الضمة ، والواو وَالْأَلِفُ, وَالنُّونُ فَأَمَّا اَلضَّمَّةُ .

Mengenal tanda-tanda I’rab
Adapun Bagi rafa mempunyai Empat Alamat yaitu :
  • harkat dhammah
  • Huruf waw
  • Huruf alif
  • dan Huruf Nun



.. فَأَمَّا اَلضَّمَّةُ فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلرَّفْعِ فِي أَرْبَعَةِ مَوَاضِعَ فِي اَلِاسْمِ اَلْمُفْرَدِ, وَجَمْعِ اَلتَّكْسِيرِ, وَجَمْعِ اَلْمُؤَنَّثِ اَلسَّالِمِ, وَالْفِعْلِ اَلْمُضَارِعِ اَلَّذِي لَمْ يَتَّصِلْ بِآخِرِهِ شَيْءٌ .

Alamat Pada I'rab Rafa

Adapun Harakat Dhammah menjadi Alamat bagi I'rab rafa’ Berada pada empat tempat :
  • Pada Isim Mufrad,(makna Tunggal)
  • Jamak taktsir (makna banyak yang diberubah melalui bentuknya)
  • Jamak muannas salim,(Makna Jamak untuk Perempuan)
  • fi'il mudhari’ yang tidak ditempeli sesuatu pada akhir hurufnya



.. وَأَمَّا اَلْوَاوُ فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلرَّفْعِ فِي مَوْضِعَيْنِ فِي جَمْعِ اَلْمُذَكَّرِ اَلسَّالِمِ, وَفِي اَلْأَسْمَاءِ اَلْخَمْسَةِ, وَهِيَ أَبُوكَ, وَأَخُوكَ, وَحَمُوكَ, وَفُوكَ, وَذُو مَالٍ .

Adapun waw,menjadi alamat bagi I'rab rafa’ pada dua tempat :
  • Pada jama’ mudzakkar salim, dan
  • Isim-isim lima (Isim Isim Lima)
Asmaul-Khamsah(Isim Ism Lima) Diantaranya:
  • Abuuka (bapakmu)
  • Akhuuka (saudaramu)
  • Hamuuka (pamanmu)
  • Fuuka Mulutmu)
  • Dzuumalin (yang Memiliki Harta)



.. وَأَمَّا اَلْأَلِفُ فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلرَّفْعِ فِي تَثْنِيَةِ اَلْأَسْمَاءِ خَاصَّةً .

Adapun alif, menjadi alamat bagi I'rab rafa’ Khusus hanya pada isim-isim tatsniyyah saja.



.. وَأَمَّا اَلنُّونُ فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلرَّفْعِ فِي اَلْفِعْلِ اَلْمُضَارِعِ, إِذَا اِتَّصَلَ بِهِ ضَمِيرُ تَثْنِيَةٍ, أَوْ ضَمِيرُ جَمْعٍ, أَوْ ضَمِيرُ اَلْمُؤَنَّثَةِ اَلْمُخَاطَبَةِ. .

Adapun Nun, menjadi alamat bagi I'rab rafa’ berada pada :
  • fi’il mudhari yang bersambung dengan dhamir tatsniyah, dhamir jama’,
  • dan dhamir muannats mukhatabah.



.. وَلِلنَّصْبِ خَمْسُ عَلَامَاتٍ: الْفَتْحَةُ، وَالْأَلِفُ، وَالْكَسْرَةُ، وَاليَاءُ، وَحَذْفُ النُّونِ. .

Alamat Bagi I'rab Nashab

Bagi Nashab Memiliki Lima Alamat, yaitu :



  • Fathah,
  • alif
  • kasrah
  • ya
  • hadzfunnuun (membuang nun).




  • .. فَأَمَّا الْفَتْحَةُ فَتَكُونُ عَلَامةً لِلنَّصْبِ فِي ثَلَاثَةِ مَوَاضِعَ: فِي الْاِسْمِ الْمُفْرَدِ، وَجَمْعِ التَّكْسِيرِ، وَالْفِعْلِ الْمُضَارِعِ إِذَا دَخَلَ عَلَيْهِ نَاصِبٌ وَلَمْ يَتَّصِلْ بِآَخِرِهِ شَيْءٌ.

    Adapun fathah menjadi tanda bagi I'rab nashab berada pada tiga tempat :



  • Pada Isim Mufrad (makna Tunggal)
  • Jama’ taksir ( Makna Banyak)
  • fi’il Mudhari yang apabila masuk kepadanya Faktor(amil)yang menashobkannya dan tidak menempel pada akhirnya sesuatupun




  • .. وَأَمَّا الْأَلِفُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلنَّصْبِ فِي الْأَسْمَاءِ الْخَمْسَةِ، نَحْوَ: "رَأَيْتُ أَبَاكَ وَأَخَاكَ" وَمَا أَشْبَهَ ذَلِكَ .

    adapun alif, menjadi alamat bagi nashab berada pada Asmaul-Khamsah (isim-isim yang lima) seperti contoh lapaz :.(رَأَيْتُ أَبَاكَ وَأَخَاكَ) "aku melihat bapakmu dan saudaramu". Dan apa yang menyerupai contoh tersebut.



    .. وَأَمَّا الْكَسْرَةُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلنَّصْبِ فِي جَمْعِ الْمُؤَنَّثِ السَّالِمِ..

    Adapun kasrah, menjadi alamat bagi nashab berada pada jama’ muannats salim Makna jamak yang menunjukan perempuan)



    .. وَأَمَّا الْيَاءُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلنَّصبِ فِي التَّثْنِيَةِ وَالْجَمْعِ .

    Adapun ya,menjadi alamat bagi I'rab nashab berada pada :



  • Tatsniyah (makna Ganda)
  • Jamak (Makna Banyak)




  • .. وَأَمَّا حَذْفُ النُّونِ فَيَكُونُ عَلَامَةً لِلنَّصْبِ فِي الْأَفْعَالِ الْخَمْسَةِ الْتِي رَفْعُهَا بِثَبَاتِ النُّونِ. .

    Adapun Hadzfunnuun,menjadi alamat bagi I'rab nashab berada pada Afalul-Khamsah (fi’il-fi’il yang lima) yang ketika rafa’nya dengan Tsubuutu-Nun (tetap nun)



    .. وَلِلْخَفْضِ ثَلَاثُ عَلَامَاتٍ:الْكَسْرَةُ، وَالْيَاءُ، وَالْفَتْحَةُ. .


    Alamat Bagi I'rab Khafadh

    Bagi Khafadh atau jar Memiliki 3 alamat, yaitu :



  • kasrah
  • ya
  • fathah.




  • .. فَأَمَّا الْكَسْرَةُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلْخَفْضِ فِي ثَلَاثَةِ مَوَاضِعَ: فِي الْاِسْمِ الْمُفْرَدِ الْمُنْصَرِفِ، وَجَمْعِ التَّكْسِيرِ الْمُنْصَرِفِ، وَفِي جَمْعِ الْمُؤَنَّثِ السَّالِمِ. .

    Adapun kasrah,menjadi alamt bagi khafadh berada pada tiga tempat, yaitu :



  • Isim Mufrad yang bertanwin tanwin
  • jamak taksir yang bertanwin tanwin
  • jamak muannats salim




  • وَأَمَّا الْيَاءُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلْخَفْضِ فِي ثَلَاثَةِ مَوَاضِعَ: فِي الْأَسْمَاءِ الْخَمْسَةِ، وَفِي التَّثْنِيَةِ، وَالْجَمْعِ.

    adapun ya, menjadi alamat bagi I'rab khafadh berada pada tiga tempat:



  • Pada isim-isim yang lima
  • Isim Tatsniyah, dan
  • jama’




  • .. وَأَمَّا الْفَتْحَةُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلْخَفْضِ فِي الْاِسْمِ الَّذِي لَا يَنْصَرِفُ. .

    Adapun Fathah, menjadi alamat bagi I'rab khafadh berada pada isim-isim yang bertanwin tanwin.



    وَلِلْجَزْمِ عَلَامَتَانِ: السُّكُونُ، وَالْحَذْفُ

    Alamat Bagi Jazm

    Bagi jazm memiliki 2 alamat, yaitu



  • sukun
  • al-hadzfu (membuang).



  • فَأَمَّا السُّكُونُ فَيَكُونُ عَلَامَةً لِلْجَزْمِ فِي الْفِعْلِ الْمُضَارِعِ الصَّحِيحِ الْآَخِرِ.

    Adapun sukun, menjadi alamat bagi I'rab jazm berada pada fi’il yang sehat akhirnya


    وَأَمَّا الْحَذْفُ فَيَكُونُ عَلَامَةً لِلْجَزْمِ فِي الْفِعْلِ الْمُضَارِعِ الْمُعْتَلِّ الْآَخِرِ، وَفِي الْأَفْعَالِ الْخَمْسَةِ الْتِي رَفْعُهَا بِثَبَاتِ النُّونِ

    Adapun al hadzfu, menjadi alamat bagi I'rab jazm berada pada fi’il mudhari yang mu’tal akhirnya dan fi’il-fi’il yang rafa’nya dengan "tsubuutu-Nun" (tetap nun)



  • TUGAS : Buatlah contoh susunan kalimat menggunakan  i'rob nasob yang ditandai dengan kasroh 
  • 30 komentar:

    1. Nama:Arizalpratama
      Kelas:XIIA
      رَأَيْتُ المُؤمِنَاتِ يُصَلِّي صَلَاةَ العَصْرِ

      BalasHapus
    2. ROHANA MARIA ULVA(23)
      12a

      خلق الله السموات (khalaqallahussamawaati)

      BalasHapus
    3. Nama : Defi Ratnasari
      Kelas :XII B

      الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ

      BalasHapus
    4. Nama:Luk luk'us sa'adatil M
      Kelas:12b
      خلق اللهُ السمواتِ

      BalasHapus
    5. Nama :Luk luk 'us sa'adatil M
      Kelas:XII b
      رَاَيْتُ الْمُسْلِمَاتِ
      عَرَفْتُ الْمُعَلِّمَاتِ

      BalasHapus
    6. Nama: Erlika nur azizah herlambang
      Kelas: XIIA
      - أَحَبَّ اللهُ المُسْلِمَاتِ

      BalasHapus
    7. Nama : Silvianisa Eka Santy
      kelas : XII B
      no : 24
      Jawab : رَأَيْتُ المُؤمِنَاتِ يُصَلِّي صَلَاةَ العَصْرِ
      Saya melihat orang-orang (pr) yang beriman sedang shalat ashar

      BalasHapus
    8. Nama : Dewi Badrul Kharirotus Sifa
      Kelas: XII A
      Contohnya:
      - أَحْبَبْتُ المُجْتَهِدَاتِ
      - أَحَبَّ اللهُ المُسْلِمَاتِ

      BalasHapus
    9. Nama: Ferdyan Zuhairi Alwi S
      Kelas: XIIB
      اَلْإِعْرَابُ هُوَ تغيير أَوَاخِرِ اَلْكَلِمِ لِاخْتِلَافِ اَلْعَوَامِلِ اَلدَّاخِلَةِ عَلَيْهَا لَفْظًا

      BalasHapus
    10. Nama:Dwi Yunita Sari
      Kelas:12b

      أَحَبَّ اللهُ المُسْلِمَاتِ
      رَاَيْتُ اِمْرَأَتَيْنِ
      أَحْبَبْتُ مُجْتَهِدَيْنِ

      BalasHapus
    11. M choirun nizar
      XII.A
      - مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ
      - حَبَّ اللهُ المُسْلِمَاتِ

      BalasHapus
    12. Nama:Andri eko b
      Kelas:12b
      رَاَيْتُ الْمُسْلِمَاتِ
      عَرَفْتُ الْمُعَلِّمَاتِ

      BalasHapus
    13. Nama: putri salsabila azzahro'
      Kelas:XIIA
      CONTOH
      رأئت مسلمأت (saya melihat muslimat banyak)

      BalasHapus
    14. NAMA : RIDFA FADLILANA
      KELAS: XIIA
      CONTOH :ذَهَبَتْ الطَّالِبَاتُ إِلَى المَدْرَسَةِ
      (para siswi pergi ke sekolah)

      BalasHapus
    15. Nama:anik susilowati
      Kelas12B

      - أَحَبَّ اللهُ المُسْلِمَاتِ
      - رَاَيْتُ المُؤْمِنَاتِ
      - أَحْبَبْتُ المُجْتَهِدَاتِ

      BalasHapus
    16. Nama : asna nur holifa
      Kls : XIIa

      عرفت المعلمات .١
      رايت المسلمات .٢

      BalasHapus
    17. Nama:Jihan rostika putri
      Kelas: XII B
      رأيت العديد من الطالبات

      BalasHapus
    18. Nama: Ahmad Taufik Hidayat
      Kelas :12a
      تَدْرُسُ فَاطِمَة الى ِالْجَامِعَاتِ

      BalasHapus
    19. Nama: Lailatul Nadhiroh
      Kelas: XII-A

      - خلق اللهُ السمواتِ
      - أَفَادَتْ هِنْدٌ الطَّالِبَاتِ
      - عَرَفْتُ الْمُعَلِّمَاتِ 

      BalasHapus
    20. Nama:M Munib Hariyadi
      Kelas:XIIB

      - رَاَيْتُ المُؤْمِنَاتِ
      - عَرَفْتُ الْمُعَلِّمَاتِ

      BalasHapus
    21. Nama m jaliludin
      Kls 12b
      Khalaqalhussawati

      BalasHapus
    22. Nama:mirza danish R
      Kls:XIIB

      - رَاَيْتُ المُؤْمِنَاتِ

      BalasHapus
    23. Nama: M Najibul Ihsan
      Kelas: XII
      Contoh:تَدْرُسُ فَاطِمَة الى ِالْجَامِعَاتِ

      BalasHapus
    24. Nama :rokhmatul iza
      Kelas:12B

      أَنْتُمَا لَنْ تَذْهَبَا إلى المَدْرَسَةِ يَوْمَ الأَحَدِ

      BalasHapus
    25. Nama:Daris Salamah
      Kelas:Xll-A

      أَحَبَّ اللهُ المُسْلِمَاتِ

      BalasHapus
    26. Nama:ahmad jalaludin
      Kls:12a
      Khalqalhussawati

      BalasHapus
    27. Nama: Amiroh Nubaila Hanum
      Kelas: XllA

      رَأَيْتُ المُؤمِنَاتِ يُصَلِّي صَلَاةَ العَصْرِ

      BalasHapus
    28. Nama:Kurnia Wahyuni
      Kelas :12B

      -عر فت المعلمات
      -احببت مجتهدين

      BalasHapus
    29. Nama:riki Irwanto
      Kelas:XII B
      Jawaban:
      - أَحَبَّ اللهُ المُسْلِمَاتِ
      - رَاَيْتُ المُؤْمِنَاتِ
      - أَحْبَبْتُ المُجْتَهِدَاتِ

      BalasHapus
    30. Nama:Maxcel ihza YogaTama
      Kls:12B
      المُؤمِنَاتِ يُصَلِّي صَلَاةَ العَصْرِ
      Saya melihat orang-orang (pr) yang beriman sedang shalat ashari

      BalasHapus

    INTERAKSI ANTARORGANISME DALAM EKOSISTEM

    INTERAKSI ANTARORGANISME DALAM EKOSISTEM 1. Predasi     Bentuk hubungan antara pemangsa (predator) dan yang dimangsa.untuk makanannya     Co...