Jumat, 27 Maret 2020

TERJADINYA GUNUNG API DAN GEMPA BUMI

MENJELASKAN TERJADINYA GUNUNG API DAN GEMPA BUMI




YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Gunung Merapi kembali meletus pada Jumat (27/03/2020) 10.58 WIB dengan tinggi kolom abu 5.000 meter. Akibat letusan ini dilaporkan hujan abu terjadi dalam radius 20 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Hanik Humaida, mengatakan hujan abu terpantau turun di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. " Hujan abu bercampur pasir halus dilaporkan terjadi di wilayah Desa Banyubiru, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang," kata Hanik, Jumat (27/3/2020). Baca juga: Gunung Merapi Meletus, Arah Angin ke Barat Daya Letusan yang terjadi pada hari ini terekam di seismogram dengan amplitudo 75 milimeter dengan durasi tujuh menit. Timbul pula awan panas akibat letusan sejauh dua kilometer dari puncak ke arah selatan-tenggara. Setelah letusan ini, tidak ada perubahan status Gunung Merapi. BPPTKG Yogyakarta masih menetapkan status Gunung Merapi pada level II atau Waspada. Status itu belum berubah sejak Mei 2018. Baca juga: Fakta Terkini Merapi Erupsi, Magelang Diguyur Hujan Abu, Terdengar Suara Gemuruh Warga sekitar tetap diminta menjauhi kawasan yang berada dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Imbas Letusan Gunung Merapi, Magelang Diguyur Hujan Abu", https://regional.kompas.com/read/2020/03/27/14511841/imbas-letusan-gunung-merapi-magelang-diguyur-hujan-abu.
Penulis : Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma
Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief


PERTANYAAN:

Gunung meletus merupakan kejadian yang sering terjadi. Terjadinya peristiwa tersebut tidak terlepas dari kejadian pada lempeng bumi. Carilah informasi yang berhubungan dengan terjadinya gunung api dan peristiwa meletusnya gunung api. Tuliskan jawaban kalian pada kolom komentar. Sertai nama dan kelas.


2 komentar:

  1. Nama:Nazulna isna arrikza
    Kelas:7g
    Jawaban:gunung api terbentuk di karenakan keraknya terpecah menjadi 17 lempeng tektonik utama yang kaku yang mengambang di atas lapisan mantel yang lebih panas dan lunak.
    Dan peristiwa meletusnya gunung apu dapat terjadi karena lempeng-lempeng bumi yang saling berdesakan atau saling menghimpit satu dengan lainnya sehingga menybabkan tekanan yang besar dan juga dorongan ke permukaan bumi.

    BalasHapus

INTERAKSI ANTARORGANISME DALAM EKOSISTEM

INTERAKSI ANTARORGANISME DALAM EKOSISTEM 1. Predasi     Bentuk hubungan antara pemangsa (predator) dan yang dimangsa.untuk makanannya     Co...