Selasa, 04 Agustus 2020

Materi Sosiologi Kelas XII SMA “Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal”

Materi Sosiologi Kelas XII SMA “Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal”


Apa itu Globalisasi?
Globalisasi sering disebut sebagai fenomena dunia berwajah banyak. Oleh karena itu globalisasi sering diindentikan dengan internasionalisasi, liberalisasi, universialisasi, westernisasi, dan deteritorialisasi.
  1. Internasionalisasi adalah hubungan antar negara dengan ciri meluasnya arus perdagangan dan penanaman modal.
  2. Liberalisasi adalah pencabutan pembatasan-pembatasan pemerintah untuk membuka ekonomi tanpa pagar dalam hambatan perdagangan, pembatasan keluar masuk mata uang, kendali devisa, dan iizn masuk suatu negara.
  3. Westernisasi adalah ragam hidup model budaya Barat atau Amerika.
  4. Deteritorialisasi adalah perubahan-perubahan geografis sehinggaruang sosial dan pembatasan, tempat, dan jarak perubahan.
Pengertian Globalisasi Secara Umum
  1. Globalisasi sebagai transformasi kondisi spesial temporalkehidupan. Hidup yang kitavalami mengandalkan ruang dan waktu. Artinya, jika terjadi perubahan dalam pengelolaan tata ruang-waktu, terjadi pula transformasi perngargonisasian hidup.
  2. Globalisasi sebagai transformasi lingkup cara pandang. Dengan kata lain globalisasi menyangkut transformasi isi dan cara merasa serta memandang persoalan di kalangan masyarakat dunia.
  3. Globalisasi sebagai trasnformasi modus tindakan dan praktik. Dengan kata lain, globalisasi menunjuk pada proses kaitan yang makin erat di antara semua aspek kehidupan pada skala mondial (dunia).
Karakteristik Globalisasi
            Robin Cohen dan Paul Kennedy berpendapat bahwa globalisasi adalah “seperangkat transformasi yang saling memperkuat” dunia. Transformasi ini merupakan suatu karakteristik yag meliputi hal-hal berikut:
  1. Perubahan dalam konsep ruang dan waktu. Perkembangan barang-barang seperti telepon genggam, televisi, satelit dan internet menunjukan komunikasi global terjadi demikian cepat.
  2. Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berubah menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan, pembagian pekerjaan yang baru secara internasional, peningkatan pengaruh perusahaan multinasional dan dominasi organisasi semacam World Trade Organization (WTO).
  3. Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa (terutama tv, musik, film, dan transmisi berita olahraga internasional).
  4. Meningkatnya masalah bersama seperti masalah ekonomi, linkungan dan permasalahan-permasalahan lainnya seperti penyakit menular.
Faktor Pendorong Globalisasi
  1. Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
  2. Semakin terbukanya sistem perekonomian negara-negara di dunia
  3. Menggobalkan pasar uang
Gejala Globalisasi di Indonesia
  1. Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Contoh kemajuan IPTEK adalah sebagai berikut:
  1. Penemuan telepon sebagai alat telekomunikasi yang membawa kemudahan dalam berkomunikasi bagi penggunanya.
  2. Penemuan alat transportasi yang paling ringan seperti sepeda sampai dengan alat transportasi lain yang dapat digunakan di darat, laut maupun udara.
  3. Penemuan alat kantor, dari mesin ketik sampai komputer dan lepto yang bisa membantu untuk menyimpan data.
  4. Penemuan sumber-sumber energi yang dapat diperbaharui seperti energi surya, nuklir, air, angin, dan biogas melengkapi sumber daya energi yang tidak dapat diperbaharui.
2. Bidang Ekonomi
Globalisasi ekonomi adalah meningkatnya saling ketergantungan ekonomi negara-negara di dunia berkat percepatan pergerakan jasa, barang, teknologi dan modal lintas perbatasan. Globalisasi ekonomi merupakan proses peningkatan integrasi ekonomi antar negara yang berujung pada munculnya pasar global dan pasar dunia tunggal. Globalisasi ekonomi terdiri dari globalisasi produksi, pasar, persaingan teknologi, perusahaan dan industri. Trend globalisasi dapat dianggap hasil dari integrasi negara maju dengan nagara berkembang melalui investasi langsung asing, pengurangan batasan perdagangan, reformasi ekonomi dan imigrasi.
  1. Bidang Politik
Keberhasilan pembangunan di bidang politik semakin memantapkan tatanan kehidupan politik dan kenegaraan yang berdasarkan demokrasi pancasila, memantapkan organisasi sosial politik dan kemasyarakatan, serta mendorong peningkatan kesadaran berpolitik rakyar. Namun, pendiidkan berpolitik pun harus ditingkatkan agar rakyat semakin sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara dan semakin sadar bagaimana kita menjalin hubungan dengan negara-negara luar untuk memlihara perdamaian dunia.
  1. Bidang Budaya
Globalisasi bidang budaya telah meningkatkan kontak lintas budaya. Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa, terutama televisi, film, musik, dan transmisi berita internasional. Saat ini dapat merasakan hasil gagasan dan pengalaman baru mengenai hal-hal melintasi keberagaman budaya, misalnya dalam bidang fasion, busana, literatur dan makanan.
  1. Bidang Agama
Globalisasi di bidang adama lebih berfokus pada aplikasi ajaran agama dalam konteks kekinian tanpa melanggar atau menabrak kaidah-kaidah agama. Globalisasi juga memicu penganut agama untuk memahami penganutut agama yang lain dalam konteks toleransi sehingga tercermin kehidupan harmonis dalam masyarakat multikultural.
Dampak Globalisasi Terhadap Komunitas Lokal
  1. Urbanisasi
Urbanisasi merupakan proses perpindahan penduduk dari desa ke kota atau dari pekerjaan pertanian di desa ke pekerjaan industri di kota.
Penyebab terjadinya urbanisasi:
  1. Daya tarik ekonomi. Di kota, orang berharap untuk dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan.
  2. Daya tarik sosial. Kbanyakan orang pergi ke kota untuk merubah status sosial melalui berbagai macam cara seperti pendidikan atau pekerjaan.
  3. Daya tarik pendidikan. Di kota tersedia berbagai fasilitas pendidikan sehingga menarik orang desa untuk menuntut ilmu ke kota.
2. Kesenjangan Sosial Ekonomi
Faktor pendorong terjadinya kesenjangan ekonomi antara lain sebagai berikut:
  1. Menurunnya pendapatan perkapita sebagai akibat pertimbuhan penduduk yang relatif tinggi tanpa diimbangi peningkatan produktivitas.
  2. Letidakmerataan hasil pembangunan antardaerah sebagai akibat kebijakan politik dan kekurangsiapan sumber daya manusia.
  3. Rendahnya mobilitas sosial sebagai akibat sikap mental tradisional yang kurang menyukai persaingan dan kurang usaha.
  4. Hancurnya industri kerajinan rakyat sebagai akibat monopoli para pengusaha bermodal besar.
  5. Investasi yang sangat banyak pada proyek-proyek yang padat modal (capital intensive), sehingga pesentase pendapatan dari harta tambahan lebih besar dibandngkan dengan presentasi pendapatan kerja.
3. Pencemaran Lingkungan Alam
Masyarakat yang melakukan pembangunan harus memperhatikan kelestarian dan dan perbaikan liingkungan alamnya. Alam sebagai tempat hidup flora dan fauna tidak boleh dikorbankan hanya untuk kehidupan jangka pendek. Dengan canggihnya teknologi globalisasi, manusia cenderung ingin menguasai alam. Dengan teknologi, manusia dapat mengeksploitasi alam dan tanpa menyadari dampak pencemaran lingkungan yang cukup besar.  Contoh dari pencemaran antara lain:
  1. Pencemaran udara yang berasal dari asap mobil, asap pabrik, asap pembakaran minyak dan asap pembakaran sampah.
  2. Pencemaran air berasal dari pembuangan limbah industri ke sungai, danau, laut atau limbah berasal dari berbagai jenis pestisida dan pupuk yang digunakan petani.
  3. Pencemaran kimiawi berupa produk bahan-bahan sintetis yang digunakan sebagai bahan detergen, pupuk dan pestisida.
  4. Limbah padat berupa sampah buangan individu atau bisnis tertentu.
  5. Polusi panas berupa peningkatan temperatur air dan panas atmosfer yang dosebabkan oleh ulah manusia.
4. Kriminalitas
Pembangunan yang muncul di negara berkembang seperti Indonesia sering memunculkan masalah-masalah seperti berikut:
  1. Manipisnya rasa kekeluargaan,
  2. Meningkatkan sikap individualitas,
  3. Meingkatnya tingkat persaingan,
  4. Meningkatnya pola hidup konsumtif
Masalah-masalah tersebut dapat memunculkan tidak kriminal. Tekanan sosial dalam proses globalisasi yang semakin berat memunculkan pola hidup yang memuja kesenangan (hedonisme). Namun disisi lain banyak yang mempunyai keterbatasan untuk memilikinya. Hal tersebut dapat memunculkan tindak kriminalitas seperti penipuan, perampokan, penggelapan, penadahan, perampasan dan pembunuhan.
5. Lunturnya eksistensi Jati diri Bangsa
Menurut Kurniawan (2012) paham budaya berat yang kurang sesuai di kebudayaan Indonesia dan dapat merusak eksistensi jati diri bangsa yaitu:
  1. Individualisme
  2. Materialisme
  3. Sekuarisme
  4. Hedonisme
Sumber:
Maryati, Kun dan Juju Suryawati. 2014. Sosiologi Kelompok Peminatan Ilmu-ilmu Sosial Kelas XII. Jakarta: Esis Erlangga.
Untuk dapat semakin memahami materi di atas, saya mengaitkannya dengan berita dalam kehidupan nyata. Silahkan disimak secara seksama:

Silahkan kerjakan soal berikut untuk mendalami materi di atas:
Jawaban cukup kalian isi pada kolom komentar dibawah.
  1. Transaksi online menjadi trend dikalangan masyarakat, seseorang dapat membeli, menjual,ataupum memesan tiket melalui gadget. realitas ini berbeda dengan dua tahun sebelumnya ketika transaksi online belum marak. Apa dampak negatif dari perubahan sosial ini  ?

70 komentar:

  1. Nama:Arizalpratama
    Kelas:XIIA
    Individualistis Dulu sosialisasi hanya dapat terjadi jika kita pergi keluar rumah, menyapa tetangga ataupun mengobrol. Namun zaman modern ini, hanya dengan duduk dialam rumah dengan internet, bahkan kita bisa bersosialisasi dengan orang-orang yang berada sangat jauh. Inilah akar dari individualistis yang tercipta karena tidak bersosialisasi secara langsung. Hal ini akan sangat merusak karena menciptakan seseorang dengan sikap yang tidak memperdulikan orang lain selain dirinya.

    BalasHapus
  2. ROHANA MARIA ULVA(23)
    12a

    Adapun pengaruh globalisasi di lingkungan saya dlm kehidupan sehari" yaitu perubahan pola hidup yang dialami oleh masyarakat. misalnya dalam bidang kebudayaan dan teknologi, masyarakat dengan mudah mendapat informasi dari media sosial dan cenderung mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. mereka mulai menyukai gaya hidup negara barat dg ber pakaian layaknya orang barat, selain itu menurunnya budaya membaca di kalangan pelajar dan jarang terlihat kebersamaan anak" memainkan permainal tradisional karena mereka lebih senang bermain gadget dan belajar pun menggunakan Gadget. hal tersebut berdampak pada sikap individualistis, lebih mementingkan diri sendiri karena tuntutan ekonomi sehingga terjadi kurangnya sosialisasi antar masyarakat. Selain itu anak muda zaman sekarang juga mengenal musik-musik barat seperti Kpop dan meniru gaya berpakaiannya tentu saja hal tersebut berakibat pada lunturnya eksistensi jati diri bangsa.

    BalasHapus
  3. Nama:M choirun nizar
    Kls:XLL.A
    Globalisasi mengacu kepada kehidupan yang merujuk kepada kemajuan
    contoh hubungan pertemanan di mediasosial

    contoh globalisasi dalam kehidupan sehari hari adalah hilangnya batas negara. Kita tentu tahu bahwa untuk berhubungan jarak jauh, dulu kita harus mengarungi lautan atau daratan yang luas selama berbulan-bulan lamanya. Namun, globalisasi menghilangkan hal tersebut dengan sangat cepat. Dengan adanya program komunikasi yang baru, kita bisa berkomunikasi dengan orang lain di negara yang berbeda hanya dengan telepon atau internet.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Nama: Ahmad Taufik Hidayat
    Kelas:12a
    Ada beberapa contoh globalisasi dalam kehidupan sehari-hari :
    1. masuknya budaya luar atau asing ke dalam negeri melalui teknologi yang di dapat dari berbagai negara ke Indonesia yang membuat produksi teknologi .
    2. masuknya pengaruh dari barat terhadap budaya berpakaian bangsa Indonesia menjadi tidak sopan .
    3.masuknya pengaruh dari korea dan Jepang dalam hal pakaian, musik, tarian, lagu dan drama cerita ke Indonesia.

    Dampak positif globalisasi yaitu: teknologi menjadi mudah Dan efesien, transaksi menjadi mudah dan lain lain
    Dan dampak negatif nya yaitu lunturnya budaya dan nilai nilai kebudayaan bersikap indualisme dlll

    BalasHapus
  6. Nama: Erlika Nur Azizah Herlambang
    Kelas: XIIA
    globalisasi dikehidupan saat ini yaitu adanya budaya atau teknologi baru yang muncul di tengah-tengah masyarakat. Yang dimana hal tersebut berdampak pada kehidupan sehari-hari seperti halnya teknologi dari zaman ke zaman semakin canggih sehingga para pengguna teknologipun juga mengikuti tren terbaru dari teknologi tersebut. Sehingga orang-orang terkadang lupa terhadap lingkungannya sendiri karna terlalu menikmati teknologi-teknologi yang super canggih. Contohnya saja di pondok pesantren, mereka para santri tidak di perbolehkan membawa hp sehingga mereka masih bisa tertawa, bercengkrama bersama teman, akn tetapi setelah para santri tersebut diperbolehkan membawa hp, mereka seakan lupa terhadap lingkungannya bahkan teman-teman yang ada disekitarnya karna terlalu menikmati dunianya (sosmed). Sehingga hal tersebut bisa merenggangkan jarak di antara mereka.

    BalasHapus
  7. Banyak orang meniru gaya berpakaian luar negeri yang tidak pantas dan melanggar norma norma kebudayaan bangsa Indonesia.banyak prodik asing beredar di Indonesia. Segala macam hal bisa di cari di internet .
    Dampak : Memudarnya rasa nasionalisme bangsa
    Lunturnya nilai-nilai, budaya dan tradisi lama
    Memudarnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri ,terjadi benturan budaya, Informasi yang diperoleh tidak bisa disaring dengan baik dan benar.

    BalasHapus
  8. Nama:ahmad jalaludin
    Kelas:12a
    Ada beberapa contoh globalisasi dalam kehidupan sehari hari:
    1masuknya budaya luar atau asing ke dalam negeri melalui teknologi yang didapat dari berbagai negara ke indonesia yang membuat produksi teknologi
    2masuknya pengaruh dari barat terhadap budaya berpakaian bangsa indonesia menjadi tidak sopan
    3masuknya pengaruh dari korea dan jepang dalam hal pakaian musik tarian lagu dan drama ke indonesia
    Dampak positif globalisasi yaitu teknologimenjadi mudah dan efisien
    Dampak negatif yaitu lunturnya budaya

    BalasHapus
  9. Nama: Lailatul Nadhiroh
    Kelas: XIIA

    Contoh nyata pengaruh globalisasi dalam kehidupan sehari-hari:
    Kelas online dan pengajaran bahasa asing sudah umum dilakukan di berbagai sekolah. Bahkan pendalaman budaya negara lain juga sudah menjadi konsumsi bagi beberapa siswa.

    Dampaknya: siswa akan lebih tergantung pada teknologi internet dan Kebudayaan daerah menjadi diabaikan karena adanya gaya hidup modern yang mendunia.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Nama : Dewi Badrul Kharirotus Sifa
    Kelas: XII A
    Di kehidupan globalisasi sekarang ini banyak sekali bermunculan teknologi baru (media sosial ) tidak bisa dipungkiri lagi bahwa hampir setiap orang dari mulai remaja, anak-anak sampai kalangan orang tua sudah pasti mengenal yang namanya facebook, twitter, instagram dan masih banyak lagi yang lainnya. Pengguna hendaknya dapat memilih-milih,jangan sampai media sosial dapat menjerumuskan kita.lain hal itu, media sosial bisa memberikan dampak positif bagi pengguna,yaitu dapat menyambung tali silaturahmi, sebagai media penyimpanan informasi. Tetapi disisi lain, juga memberikan dampak negatif, yaitu pertama,Berawal dari media sosial sering terjadi tindak kejahatan seperti penipuan, pembunuhan,penculikan dll.kedua, Susah bersosialisasi dengan orang sekitar. Karna penggunaan media sosial membuat seseorang malas untuk berkomunikasi dengan dunia nyata. Hal ini memang benar sekali, misal mempunyai teman yang sangat aktif dalam bersosial media, dia selalu memposting apa saja yang ia kerjakan. Namun berbeda jauh dengan kenyataan. Orang yang aktif di sosial media nyatanya adalah orang pendiam dan tidak banyak bergaul. Ketiga,Situs media sosial akan membuat seseorang lebih mementingkan diri sendiri, mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan disekitar mereka,karna terlalu banyak menghabiskan waktu mereka dengan menggunakan internet.

    BalasHapus
  12. Nama :Nur fitria
    Kelas :12a


    Ada beberapa contoh globalisasi dalam kehidupan kita, antara lain sebagai berikut :
    1. masuknya budaya luar atau asing ke dalam negeri melalui teknologi yang didapat dari berbagai negara ke indonesia yang membuat produksi teknologi
    2. Pada saat2 begini banyak anak yang menggunakan media sosial, yang haris di waspadai yaitu bagaimana cara anak itu menggunakan media tersebut

    BalasHapus
  13. Nama: Putri Salsabila azzahro'
    Kelas:XIIA
    contoh, dampak globalisasi dalam perubahan gaya hidup masyarakat adalah selera fashion yang berubah. Dewasa ini, sering kita lihat banyak sekali model baju yang beredar di pasaran yang sebenarnya merupakan model dari negara lain. Selain model baju, beralihnya pola konsumsi masyarakat pada fast food atau makanan cepat saji juga dapat dianalisis sebagai dampak dari globalisasi. Dampaknya apabila seseorang sering memakan makanan cepat saji akan membahayakan bagi tubuh.
    contoh globalisasi dalam kehidupan sehari hari adalah hilangnya batas negara. Kita tentu tahu bahwa untuk berhubungan jarak jauh, dulu kita harus mengarungi lautan atau daratan yang luas selama berbulan-bulan lamanya. Namun, globalisasi menghilangkan hal tersebut dengan sangat cepat. Dengan adanya program komunikasi yang baru, kita bisa berkomunikasi dengan orang lain di negara yang berbeda hanya dengan telepon atau internet.

    Salah satu penyebab terjadinya globalisasi dalam bidang komunikasi adalah adanya keperluan untuk mendapatkan waktu yang lebih efisien dan juga kemudahan untuk berkomunikasi. Namun, hal ini tidak terlepas dari dampak negative globalisasi. Salah satu contoh dampak negatif globalisasi dalam kaitannya dengan komunikasi adalah persebaran konten-konten yang tidak senonoh yang bisa didapatkan dengan mudah.
    Contoh paling nyata adalah banyaknya remaja yang meniru budaya dari luar negeri. Banyak hal yang secara tidak langsung mengubah pola pandang dan pola pikir kalangan muda, seperti budaya untuk merayakan Valentine, budaya untuk merayakan ulang tahun, budaya April Mop, dan pola kesukaan mereka terhadap drama korea.apabila kita menirukan gaya atau tradisi budaya barat tersebut akan mengakibatkan tradisi Indonesia akan luntur. Anak anak Indonesia tidak mengerti akan tradisinya sendiri. Tentu, kita harus berhati-hati dan memilah dengan bijak hal-hal baru tersebut. Dalam hal ini, sikap kita terhadap globalisasi adalah tetap terbuka namun tetap selektif dan tidak kehilangan identitas diri.
    Contoh lainnya adalah orang orang Indonesia lebih mencintai produk luar negri dari pada produk dalam negri.







    BalasHapus
  14. Nama: Amiroh Nubaila Hanum
    Kelas: XllA

    Globalisasi yang terjadi di kehidupan saat ini yaitu perubahan teknologi yang semakin canggih dan uas, dunia medsos kian lama menjadi salah satu hal yang paling sering diutamakan. Orang" menggunakannya disetiap saat untuk membagi atau menyebar luaskan informasi dari berbagai penjuru dunia. Dalam hal ini terdapat dampak positif juga negatifnya. Dampak positif nya yaitu, orang" dpat mngetahui segala informasi penting dari berbagai kejadian yg trjadi di dlam negri maupun luar negri, kita tidak tertinggal akan info dri mana sja. Dampak negatifnya yaitu, terjadi banyaknya informasi palsu(hoax) untuk merusak reputasi seseorang ataupun untuk menggemparkan sesuatu agar terjadi kekacauan, dll.

    BalasHapus
  15. Nama Aziz Nur Faisal 12a

    contoh globalisasi dalam kehidupan sehari hari:

    masuknya budaya luar atau asing ke dalam negeri melalui teknologi masa kini

    masuknya pengaruh dari barat terhadap budaya berpakaian

    masuknya pengaruh dari korea dan jepang dalam hal pakaian musik tarian lagu dan drama ke indonesia
    Dampak negatif yaitu lunturnya budaya daerah

    BalasHapus
  16. Eka Fadila
    XII A
    Dampak globalisasi di bidang transportasi

    Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam berpindah tempat dan melakukan aktivitasnya. Terdapat beberapa dampak globalisasi di bidang transportasi.

    Dampak positif
    Beberapa dampak positifnya, yaitu:

    Memperlancar mobilitas arus perpindahan penduduk, distribusi barang dan jasa serta informasi ke seluruh pelosok tanah air.
    Lebih cepat dalam bepergian
    Menumbuhkan sikap toleran
    Mempermudah distribusi
    Dampak negatif
    Beberapa dampak negatifnya, yaitu:

    Jumlah kendaraan pribadi semakin meningkat
    Jumlah kecelakaan tinggi
    Kesenjangan sosial di masyarakat

    BalasHapus
  17. Nama: Ridfa Fadlilana
    Kelas: XIIA
    Contoh pengaruh globalisasi yang terjadi saat ini:
    Adanya pandemi ini merubah gaya hidup masyarakat menjadi individualisme, misalnya dalam hal pendidikan menuntut siswa dapat mengikuti pembelajaran daring tanpa bertatap muka yang berdampak diluar kebiasaan mereka

    BalasHapus
  18. Nama: luqman nur w
    Kelas:XII a

    masyarakat dengan mudah mendapat informasi dari media sosial dan cenderung mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. mereka mulai menyukai gaya hidup negara barat dg ber pakaian layaknya orang barat, selain itu menurunnya budaya membaca di kalangan pelajar dan jarang terlihat kebersamaan anak" memainkan permainal tradisional karena mereka lebih senang bermain gadget dan belajar pun menggunakan Gadget. hal tersebut berdampak pada sikap individualistis, lebih mementingkan diri sendiri karena tuntutan ekonomi sehingga terjadi kurangnya sosialisasi antar masyarakat.

    BalasHapus
  19. Nama: M Najibul Ihsan
    Kelas: XIIA


    Globalisasi yang terjadi di kehidupan saat ini yaitu perubahan teknologi yang semakin canggih dan uas, dunia medsos kian lama menjadi salah satu hal yang paling sering diutamakan. Orang" menggunakannya disetiap saat untuk membagi atau menyebar luaskan informasi dari berbagai penjuru dunia. Dalam hal ini terdapat dampak positif juga negatifnya. Dampak positif nya yaitu, orang" dpat mngetahui segala informasi penting dari berbagai kejadian yg trjadi di dlam negri maupun luar negri, kita tidak tertinggal akan info dri mana sja. Dampak negatifnya yaitu, terjadi banyaknya informasi palsu(hoax) untuk merusak reputasi seseorang ataupun untuk menggemparkan sesuatu agar terjadi


    Ada beberapa contoh globalisasi dalam kehidupan sehari-hari :
    1. masuknya budaya luar atau asing ke dalam negeri melalui teknologi yang di dapat dari berbagai negara ke Indonesia yang membuat produksi teknologi .
    2. masuknya pengaruh dari barat terhadap budaya berpakaian bangsa Indonesia menjadi tidak sopan .
    3.masuknya pengaruh dari korea dan Jepang dalam hal pakaian, musik, tarian, lagu dan drama cerita ke Indonesia.

    BalasHapus
  20. Nama: M Najibul Ihsan
    Kelas: XIIA


    Globalisasi yang terjadi di kehidupan saat ini yaitu perubahan teknologi yang semakin canggih dan uas, dunia medsos kian lama menjadi salah satu hal yang paling sering diutamakan. Orang" menggunakannya disetiap saat untuk membagi atau menyebar luaskan informasi dari berbagai penjuru dunia. Dalam hal ini terdapat dampak positif juga negatifnya. Dampak positif nya yaitu, orang" dpat mngetahui segala informasi penting dari berbagai kejadian yg trjadi di dlam negri maupun luar negri, kita tidak tertinggal akan info dri mana sja. Dampak negatifnya yaitu, terjadi banyaknya informasi palsu(hoax) untuk merusak reputasi seseorang ataupun untuk menggemparkan sesuatu agar terjadi


    Ada beberapa contoh globalisasi dalam kehidupan sehari-hari :
    1. masuknya budaya luar atau asing ke dalam negeri melalui teknologi yang di dapat dari berbagai negara ke Indonesia yang membuat produksi teknologi .
    2. masuknya pengaruh dari barat terhadap budaya berpakaian bangsa Indonesia menjadi tidak sopan .
    3.masuknya pengaruh dari korea dan Jepang dalam hal pakaian, musik, tarian, lagu dan drama cerita ke Indonesia.

    BalasHapus
  21. Nama: M Najibul Ihsan
    Kelas: XIIA


    Globalisasi yang terjadi di kehidupan saat ini yaitu perubahan teknologi yang semakin canggih dan uas, dunia medsos kian lama menjadi salah satu hal yang paling sering diutamakan. Orang" menggunakannya disetiap saat untuk membagi atau menyebar luaskan informasi dari berbagai penjuru dunia. Dalam hal ini terdapat dampak positif juga negatifnya. Dampak positif nya yaitu, orang" dpat mngetahui segala informasi penting dari berbagai kejadian yg trjadi di dlam negri maupun luar negri, kita tidak tertinggal akan info dri mana sja. Dampak negatifnya yaitu, terjadi banyaknya informasi palsu(hoax) untuk merusak reputasi seseorang ataupun untuk menggemparkan sesuatu agar terjadi


    Ada beberapa contoh globalisasi dalam kehidupan sehari-hari :
    1. masuknya budaya luar atau asing ke dalam negeri melalui teknologi yang di dapat dari berbagai negara ke Indonesia yang membuat produksi teknologi .
    2. masuknya pengaruh dari barat terhadap budaya berpakaian bangsa Indonesia menjadi tidak sopan .
    3.masuknya pengaruh dari korea dan Jepang dalam hal pakaian, musik, tarian, lagu dan drama cerita ke Indonesia.

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Nama m jaliludin
    Kls12 b
    Ada berapa contoh globalisasi dalam kehidupan sehari hari
    1 masuknya budaya luar atau asing ke dalam negeri melalui teknologi yang di dapat dri berbagai negara ke indonesia

    BalasHapus
  24. Nama: Ferdyan Zuhairi Alwi S
    Kelas:12b
    Ada beberapa contoh globalisasi dalam kehidupan sehari hari:
    1masuknya budaya luar atau asing ke dalam negeri melalui teknologi yang didapat dari berbagai negara ke indonesia yang membuat produksi teknologi
    2masuknya pengaruh dari barat terhadap budaya berpakaian bangsa indonesia menjadi tidak sopan
    3masuknya pengaruh dari korea dan jepang dalam hal pakaian musik tarian lagu dan drama ke indonesia
    Dampak positif globalisasi yaitu teknologimenjadi mudah dan efisien
    Dampak negatif yaitu lunturnya budaya Indonesia.

    BalasHapus
  25. Nama:Inzaghi Harnadi Yudha Perdana
    KLS:XIIB
    Ada beberapa contoh globalisasi dalam kehidupan sehari-hari :
    1. masuknya budaya luar atau asing ke dalam negeri melalui teknologi yang di dapat dari berbagai negara ke Indonesia yang membuat produksi teknologi .
    2. masuknya pengaruh dari barat terhadap budaya berpakaian bangsa Indonesia menjadi tidak sopan .
    3.masuknya pengaruh dari korea dan Jepang dalam hal pakaian, musik, tarian, lagu dan drama cerita ke Indonesia.

    Dampak positif globalisasi yaitu: teknologi menjadi mudah Dan efesien, transaksi menjadi mudah dan lain lain
    Dan dampak negatif nya yaitu lunturnya budaya dan nilai nilai kebudayaan bersikap indualisme dlll

    BalasHapus
  26. Nama: Nuril fatchurohman
    Kelas:12b

    Globalisasi yang terjadi di kehidupan sehari-hari yang manusia memakai teknologi semakin canggih dan uas dunia medsos semakin lama menjadi salah satu yang banyak di temukan.

    Contoh globalisasi di kehidupan sehari-hari.
    1.masuknya budaya orang luar ke dalam negeri melaui teknologi apapun.
    2.masuknya pengaruh dari barat terhadap gaya berpakaian nya yang tidak sopan.
    3.pengaruh dari film² Korea dan Jepang dalam hal penampilan musik tarian dan drama.
    4.dan terpengaruh Dengan film semi Jepang sehingga menirukan.

    BalasHapus
  27. Nama :Yuli Kristina
    Kelas:12b

    Dampak negatifnya ialah:
    1. masuknya budaya luar atau asing ke dalam negeri melalui teknologi yang di dapat dari berbagai negara ke Indonesia yang membuat produksi teknologi .
    2. masuknya pengaruh dari barat terhadap budaya berpakaian bangsa Indonesia menjadi tidak sopan .
    3.masuknya pengaruh dari korea dan Jepang dalam hal pakaian, musik, tarian, lagu dan drama cerita ke Indonesia.

    BalasHapus
  28. Nama:Luk luk'us sa'adatil mar'ah
    Kls :12b

    Kualitas barang yang tidak sesuai dengan gambar. Barang yang diterima cacat atau rusak ketika barang dalam pengiriman. Sering terjadi penipuan, setelah uang ditransfer, barang tidak diterima,Rentan aksi pemboboloan rekening jika pembayaran dilakukan melalui Internet.

    BalasHapus
  29. Nama :Defi Ratnasari
    Kelas:XII B
    Dampak positif dari adanya online-shop/transaksi online antara lain:
    1) Belanja menjadi lebih praktis.
    2) Bisa membandingkan harga dengan mudah dari satu online-shop ke online shop-lain.
    3)Hemat tenaga dan waktu, tidak perlu berjalan dari satu toko ke toko lain untuk mendapatkan barang yang diinginkan.
    4) Bisa mendapatkan barang dari mana saja, dari luar kota bahkan luar negeri.
    5)Harga barang biasanya lebih murah.
    6)Membantu perekonomian pedagang kecil.
    Dampak negatif dari belanja online, yaitu:
    1) Kualitas barang yang tidak sesuai dengan gambar
    2) Barang yang diterima cacat atau rusak ketika barang dalam pengiriman.
    3)Tidak bisa membedakan barang asli atau tiruan.
    4) Sering terjadi penipuan, setelah uang ditransfer, barang tidak diterima.
    5)Menimbulkan perilaku konsumtif.
    6) Rentan aksi pemboboloan rekening jika pembayaran dilakukan melalui Internet.

    BalasHapus
  30. Nama: dwi yunita sari
    Kelas:12b

    dampak negatif di antaranya :
    1. Dapat mudah terjadi kesalahan pengiriman barang yang dapat memperlama dalam memperoleh barang tersebut yang bisa disebabkan dari kualitasbarang yang diinginkan kadang-kadang berbeda kualitasnya dengan yang tercantum di website. Sehingga pihak toko akan melakukan pengiriman ulang.

    2. Rentan aksi penipuandimana banyak kasus ketika pembeli telah mengirim sejumlah uang yang disepakati, barang yang dibeli tidak dikirim.

    3. Rentan rusak atau pecah karena media pengiriman adalah pos

    4. Rentan aksi pemboboloan rekening karena pembayaran dilakukan internet

    BalasHapus
  31. Nama:Anik susilowati
    Kelas:12B
    Berikut adalah beberapa dampak negatif dari belanja online, yaitu:

    Kualitas barang yang tidak sesuai dengan gambar
    Barang yang diterima cacat atau rusak ketika barang dalam pengiriman.
    Tidak bisa membedakan barang asli atau tiruan.
    Sering terjadi penipuan, setelah uang ditransfer, barang tidak diterima.
    Menimbulkan perilaku konsumtif.
    Rentan aksi pemboboloan rekening jika pembayaran dilakukan melalui Internet.

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Nama:mirza danish r
    Kls:XIIB

    dampak negatifnya yaitu
    1. masuknya budaya luar atau asing ke dalam negeri melalui teknologi yang di dapat dari berbagai negara ke Indonesia yang membuat produksi teknologi .
    2. masuknya pengaruh dari barat terhadap budaya berpakaian bangsa Indonesia
    3. Renggangnya tali silaturohmi

    BalasHapus
  34. Nama:M Munib Hariyadi
    Kelas:XIIB

    Dampak negatifnya yaitu
    A. masyarakat terlalu terbuka dengan kebudayaan luar
    B. terjadi disintegrasi di dunia maya
    C. terjadinya gejala westernisasi
    D. berlakunya norma-norma baru yang tidak sesuai
    E. mendorong masyarakat menjadi konsumtif


    BalasHapus
  35. Nama:M Munib Hariyadi
    Kelas:XIIB

    Dampak negatifnya yaitu
    A. masyarakat terlalu terbuka dengan kebudayaan luar
    B. terjadi disintegrasi di dunia maya
    C. terjadinya gejala westernisasi
    D. berlakunya norma-norma baru yang tidak sesuai
    E. mendorong masyarakat menjadi konsumtif


    BalasHapus
  36. Nama : andri eko budi s
    Kelas: XII b

    Dampak negatif belanja online
    1. Terkadang barang tidak sesuai dengan gambar yang ada
    2. Kualitas belum tentu bisa terjamin 100%.
    3. Masyarakat terlalu terbuka dengan produk luar negeri dari pada produk sendiri(lokal)
    4. Dan lain lain

    BalasHapus
  37. Nama:riki irwanto
    Kelas:XII B
    Jawaban:
    Dampak negatifnya ialah:
    1. masuknya budaya luar atau asing ke dalam negeri melalui teknologi yang di dapat dari berbagai negara ke Indonesia yang membuat produksi teknologi .
    2. masuknya pengaruh dari barat terhadap budaya berpakaian bangsa Indonesia menjadi tidak sopan .
    3.masuknya pengaruh dari korea dan Jepang dalam hal pakaian, musik, tarian, lagu dan drama cerita ke Indonesia.

    BalasHapus
  38. Nama ahmad irvan
    Xii b
    Nilai negatif dari transaksi online banyak diantaranya. Mudah terjadi kesalahan pengiriman. Barang sampai ke konsumen lama. Barang rusak pecah akibat media pengiriman pos. Pembobolan rekening. Maraknya aksi spamming. Penipuan. Bahaya boros. Biasanya toko online menaikkan harga tidak sesuai dengan harga umum pasaran. Dan terkhir mager malas gerak sekian dan terima kasih

    BalasHapus
  39. Nama:Jihan rostika putri
    Kelas: XII B
    Kualitas barang yang tidak sesuai dengan gambar. Barang yang diterima cacat atau rusak ketika barang dalam pengiriman.Sering terjadi penipuan, setelah uang ditransfer, barang tidak diterima, sering terjadi penipuan

    BalasHapus
  40. Nama:rokhmatul iza
    Kelas:12B


    Meskipun teknologi telah membawa banyak keuntungan dalam hidup kita, tidak dapat dipungkiri bahwa akan ada beberapa efek negatifnya juga. Seperti contohnya tren belanja online yang saat ini sedang banyak-banyaknya dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Kemudahan berbelanja hanya dengan menggunakan smartphone atau laptop, membuat orang-orang menjadi lebih impulsif dalam berbelanja dan menimbulkan sifat konsumtif.

    BalasHapus
  41. Nama: Choirul Rozikin
    Kelas:12B
    Nilai negatifnya adalah Mudah terjadi kesalahan pengiriman,masuknya pengaruh dari barat terhadap budaya berpakaian bangsa Indonesia menjadi tidak sopan, dan
    Sering terjadi penipuan.

    BalasHapus
  42. Nama: kurnia Wahyuni
    Kelas:12B
    Absen:
    Globalisasi dalam kehidupan sehari-hari
    Masuknya budaya luar atau asing kedalam negeri melalui teknologi
    .Masuknya pengaruh dari barat terhadap gaya pakai banagsa
    . Masuknya pengaruh dari barat flm"Korea Jepang musik drama
    Dampak positif
    Kualitas barang tidak sesuai dengan gamabar barangnya cacat atau rusak ketika barang pengiriman kadang terjadi penipuan setelah uang dikirim/transfer menjadi konsumtif rentan aksi pembobolan pembayaran
    Dampak positif
    Menjadi lebih praktis, harganya lebih murah dionlin shop hemat tenaga dan waktu

    BalasHapus
  43. Nama: Kurnia Wahyuni
    Kelas:12B
    Dampak negatif
    Kualitas barang tidak sesuai dengan gamabar barangnya,cacat atau rusak ketika barang pengiriman kadang sering terjadi penipuan setelah uang dikirim/ditransfer menjadi konsumtif rentan aksi pembobolan
    Dampak positif
    Menjadi lebih praktis harganya lebih murah dionlin shop lebih murah,hemat tenaga dan waktu

    BalasHapus
  44. M choirun nizar
    XII.A
    Meskipun teknologi telah membawa banyak keuntungan dalam hidup kita, tidak dapat dipungkiri bahwa akan ada beberapa efek negatifnya juga. Seperti contohnya tren belanja online yang saat ini sedang banyak-banyaknya dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Kemudahan berbelanja hanya dengan menggunakan smartphone atau laptop, membuat orang-orang menjadi lebih impulsif dalam berbelanja dan menimbulkan sifat konsumtif.

    BalasHapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. Nama:Arizalpratama
    Kelas:XIIA
    dampak negatif dari belanja online, yaitu: Kualitas barang yang tidak sesuai dengan gambar. Barang yang diterima cacat atau rusak ketika barang dalam pengiriman. ... Sering terjadi penipuan, setelah uang ditransfer, barang tidak diterima.

    BalasHapus
  47. Nama :Asna Nur Holifa
    Kelas:XIIA
    1.maraknya penipuan
    2.kualitas barang tdk sesuai
    3.berujung ke perilaku konsumtif
    4.barang cacat atau rusak saat pengiriman
    5.toko tradisional / offshop jadi sepi pelanggan
    6.malas untuk mencari dan membeli barang di offshop

    BalasHapus
  48. Nama :Asna Nur Holifa
    Kelas:XIIA
    1.maraknya penipuan
    2.kualitas barang tdk sesuai
    3.berujung ke perilaku konsumtif
    4.barang cacat atau rusak saat pengiriman
    5.toko tradisional / offshop jadi sepi pelanggan
    6.malas untuk mencari dan membeli barang di offshop

    BalasHapus
  49. Nama :Asna Nur Holifa
    Kelas:XIIA
    1.maraknya penipuan
    2.kualitas barang tdk sesuai
    3.berujung ke perilaku konsumtif
    4.barang cacat atau rusak saat pengiriman
    5.toko tradisional / offshop jadi sepi pelanggan
    6.malas untuk mencari dan membeli barang di offshop

    BalasHapus
  50. Nama :Asna Nur Holifa
    Kelas:XIIA
    1.maraknya penipuan
    2.kualitas barang tdk sesuai
    3.berujung ke perilaku konsumtif
    4.barang cacat atau rusak saat pengiriman
    5.toko tradisional / offshop jadi sepi pelanggan
    6.malas untuk mencari dan membeli barang di offshop

    BalasHapus
  51. Nama:Daris Salamah
    Kelas:Xll-A
    Dampak negatifnya jika membeli suatu barang, barang tersebuat memiliki kualitas yg tidak sesuai dengan contohnya. Banyaknya aksi kejahatan dengan menyalah gunakannya.

    BalasHapus
  52. Nama:Gilang Febriansyah
    Kelas:12 A
    Meskipun teknologi telah membawa banyak keuntungan dalam hidup kita, tidak dapat dipungkiri bahwa akan ada beberapa efek negatifnya juga. Seperti contohnya tren belanja online yang saat ini sedang banyak-banyaknya dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Kemudahan berbelanja hanya dengan menggunakan smartphone atau laptop, membuat orang-orang menjadi lebih impulsif dalam berbelanja dan menimbulkan sifat konsumtif.

    BalasHapus
  53. Nama: Ahmad Taufik Hidayat
    Kelas:12a

    mendorong masyarakat menjadi konsumtif
    Meskipun teknologi telah membawa banyak keuntungan dalam hidup kita, tidak dapat dipungkiri bahwa akan ada beberapa efek negatifnya juga. Seperti contohnya tren belanja online yang saat ini sedang banyak-banyaknya dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Kemudahan berbelanja hanya dengan menggunakan smartphone atau laptop, membuat orang-orang menjadi lebih impulsif dalam berbelanja dan menimbulkan sifat konsumtif.

    BalasHapus
  54. ROHANA MARIA ULVA(23)
    12a

    Adapun dampak negatif dari maraknya transaksi online adalah membuat masyarakat menjadi ketergantungan terhadap gadget maupun media internet lainnya sehingga dapat mengakibatkan masyarakat cenderung malas untuk dan selalu mengandalkan gadget dalam urusan apapun Selain itu transaksi online juga dapat menjadikan rentan terhadap pembobolan rekening. Selain itu juga mengakibatkan sikap fanatisme terhadap situs belanja dengan berbagai kemudahan yang diberikan maka masyarakat akan bersikap konsumerisme dan pemborosan. Mereka senang berbelanja dengan cara yang lebih praktis meskipun harga barang cenderung lebih mahal hal tersebut dapat mengakibatkan kesenjangan sosial dimana pemilik e-commerce akan diuntungkan berkali-kali lipat dan yang kaya semakin kaya dan pemilik toko offline shop akan sepi pelanggan. meski dengan berbagai kemudahan, online shop juga memakan banyak korban penipuan

    BalasHapus
  55. Nama: Lailatul Nadhiroh
    Kelas: XII A

    Dampak negatifnya yaitu pembeli sulit mengenali barang asli atau tiruan, timbulnya perilaku konsumtif, barang yang diterima rusak, timbulnya aksi pembobolan rekening jika pembayaran dilakukan melalui internet

    BalasHapus
  56. Nama: Amiroh Nubaila Hanum
    Kelas: XllA

    Dampak negatif dari transaksi online yaitu
    -Kualitas barang yang tidak sesuai dengan gambar
    -Barang yang diterima cacat atau rusak ketika barang dalam pengiriman.
    -Tidak bisa membedakan barang asli atau tiruan.
    -Sering terjadi penipuan, setelah uang ditransfer, barang tidak diterima.
    -Menimbulkan perilaku konsumtif.
    -Rentan aksi pemboboloan rekening jika pembayaran dilakukan melalui Internet.

    BalasHapus
  57. Nama : Dewi Badrul Kharirotus Sifa
    Kelas: XII A
    Dampak negatif dari maraknya transaksi online yaitu,Proses transaksi yang tidak langsung bertatap muka, dapat memicu terjadinya penyimpangan dan penipuan. Apalagi pembeli dan penjual tidak saling mengenal.Transaksi online berisiko terhadap penyimpangan, karena berlangsung atas dasar saling percaya tanpa landasan hukum dan tanpa bukti fisik yang kuat. Selain itu, transaksi online juga berdampak akan mengubah pola pikir masyarakat di Indonesia untuk tidak lagi belanja secara offline. Hal ini mengakibatkan terancamnya pasar tradisional.

    BalasHapus
  58. Nama: Erlika Nur Azizah Herlambang
    Kelas: XIIA
    Dampaka negatif yang kemungkinan terjadi ialah adanya penipuan atau kurangnya akad dalam hal mu'amalah yang dimana akan berdampak pada salah satu pihak yang akan dirugikan.

    BalasHapus
  59. Nama: nafissatur rosyidah
    Kls : xll a
    Ada beberapa contoh globalisasi dalam kehidupan sehari hari:
    1.masuknya budaya luar atau asing ke dalam negeri melalui teknologi yang didapat dari berbagai negara ke indonesia yang membuat produksi teknologi
    2mAda beberapa contoh globalisasi dalam kehidupan sehari hari:
    1.masuknya budaya luar atau asing ke dalam negeri melalui teknologi yang didapat dari berbagai negara ke indonesia yang membuat produksi teknologi.
    2.masuknya pengaruh dari barat terhadap budaya berpakaian bangsa indonesia menjadi tidak sopan.
    3.masuknya pengaruh dari korea dan jepang dalam hal pakaian musik tarian lagu dan drama ke indonesia.
    Dampak positif globalisasi yaitu teknologimenjadi mudah dan efisien
    Dampak negatif yaitu lunturnya budayaasuknya pengaruh dari barat terhadap budaya berpakaian bangsa indonesia menjadi tidak sopan
    3masuknya pengaruh dari korea dan jepang dalam hal pakaian musik tarian lagu dan drama ke indonesia
    Dampak positif globalisasi yaitu teknologimenjadi mudah dan efisien
    Dampak negatif yaitu lunturnya budaya

    BalasHapus
  60. Nama: putri Salsabila azzahro'
    Kelas:XIIA
    1.Dapat mudah terjadi kesalahan pengiriman barang yang dapat memperlama dalam memperoleh barang tersebut yang bisa disebabkan dari kualitas barang yang diinginkan kadang-kadang berbeda kualitasnya dengan yang tercantum di website. Sehingga pihak toko akan melakukan pengiriman ulang.
    2.Rentan aksi penipuan dimana banyak kasus ketika pembeli telah mengirim sejumlah uang yang disepakati, barang yang dibeli tidak dikirim.
    3.Rentan rusak atau pecah karena media pengiriman adalah pos
    4.Rentan aksi pemboboloan rekening karena pembayaran dilakukan melalui Internet
    5.Marak aksi spamming karena setelah pembeli melakukan registrasi, penjual cenderung selalu mengirimkan katalog online melalui email pembeli dan hal ini cukup mengganggu privacy
    6.Bahaya konsumerisme dan pemborosan. Biasakan hanya membeli barang yang dibutuhkan, sehingga tidak terlalu boros.
    7.Beberapa online shop menaikkan harga, karena itu sebagai pembeli sebaiknya survey dulu harga di beberapa online shop lainnya.
    8.Dapat membuat kita malas bergerak ke toko. Kadang-kadang belanja ke toko (offline) juga penting, jangan terpaku pada belanja online saja. Ada beberapa barang yang lebih baik dibeli di toko biasa, seperti sepatu dan beberapa jenis pakaian.
    9.Menyebabkan konsumen berpikir praktis

    BalasHapus
  61. Nama :Nur fitria
    Kelas :12a
    Dampak negatif :
    - Masuknya pengaruh dari barat terhadap gaya pakai banagsa
    - Masuknya pengaruh dari barat flm"Korea Jepang musik drama
    - Kualitas barang tidak sesuai dengan gamabar barangnya cacat atau rusak ketika barang pengiriman kadang terjadi penipuan setelah uang dikirim/transfer menjadi konsumtif rentan aksi pembobolan pembayaran
    Dampak positif :
    - Menjadi lebih praktis, harganya lebih murah dionlie shop hemat tenaga dan waktu

    BalasHapus
  62. NAMA : TITIS SYAWALNA PUTRI
    KELAS : 12/A

    memang sekarang ini maunya serba cepat dan instan dan membuat masyarakat melakukan sesuatu melalui online. Tahukah kalian bahwa dibalik dampak positif juga ada dampak negatif berikut dampaknya :

    1. Jika kita membeli lewat online, terkadang kita mendapatkan barang yang tidak Sesuai dengan gambar
    2. Apabila kita membayar tagihan lewat online. Terkadang tranferan tidak terkirim atau terjadi kendala
    3. Banyaknya oknum-oknum yang memakai akun palsu untuk membuat penipuan berkedok online shop
    4. Masyarakat menjadi bersifat konsumtif, dan tidak merencanakan sesuatu untuk hal yang bermanfaat
    5. Munculnya garis kesenjangan antara orang yang cenderung berbelanja modern dengan orang yang membayar tunai
    6. Masyarakat menjadi lebih memilih memesan daripada mereka membuat kreasi sesuatu
    7. Maraknya barang-barang palsu yang dijual oleh oknum online shop
    8. Warung klontong menjadi sepi akibat semua memesan lewat online
    9. Rasa hemat dan rajin menabung menjadi hilang akibat tingginya sifat konsumtif
    10. Libah plastik bekas bungkusan menjadi berserakan

    Sebenarnya jika dicermati ada banyak kerugian apabila kita melakukan sesuatu secara berlebihan.. Melakukan sesuatu secara online boleh-boleh saja. Tetapi tetap waspada dan cukup sewajarnya saja. Dan carilah owner atau pemilik toko yang terpercaya dan jangan tergiur dengan harga murah....

    Sekian terimakasih.... 😊😊😊

    BalasHapus
  63. Nama : TITIS SYAWALNA PUTRI
    KELAS : 12 / A
    TUGAS TANGGAL 4 AGUSTUS 2020.
    Ngapunten pak terlambat mengirimm.....


    Dampak globalisasi bagi kehidupan sehari
    Manusia tentunya mengalami perubahan begitu juga perkembangan teknologi. Manusia berlomba-lomba untuk menemukan sesuatu yang membuat mereka mengerjakan sesuatu menjadi mudah. Arus globalisasi membawa dampak tersendiri bagi kehidupan sehari-hari pada masyarakat. Tidak semuanya bisa menerima perubahan. Dari semuanya bisa berdampak ke hal yang negatif jika masyarakat belum bisa mengimbanginya. Contoh yang nyata. Banyanknya muncul artis- artis dari instagram atau biasa disebut selebgram. Mereka banyak yang menjual harga dirinya agar mereka mendapat banyak pujian di medsos. Bepakaian fanshionable ala-ala artis korea agar kelihatan kekinian. Hal itulah sifat yang tercermin apabila kita tidak bijak dalam menyikapi perubahan yang terjadi. Perubahan bisa menjadi ancaman bagi diri kita masing-masing. Makanya, diperlukan yang namanya kita itu harus melihat bagaimana diri kita itu mampu untuk menanggapi berbagai perubahan yang terjadi sekarang ini. Agar kita mempunyai jati diri. Tidak mudah terbawa arus yang membawa kita akan hal-hal yang membuat kita lupa akan dunia kita sebenarnya.


    Sekian dan terimakasih...... 😊😊😊

    BalasHapus
  64. Nama: Hanggoro Nursetio M
    Kelas: XII A

    Meskipun teknologi telah membawa banyak keuntungan dalam hidup kita, tidak dapat dipungkiri bahwa akan ada beberapa efek negatifnya juga. Seperti contohnya tren belanja online yang saat ini sedang banyak-banyaknya dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Kemudahan berbelanja hanya dengan menggunakan smartphone atau laptop, membuat orang-orang menjadi lebih impulsif dalam berbelanja dan menimbulkan sifat konsumtif.

    BalasHapus
  65. Nama: M najibul ihsan
    Kelas: XIIA

    Dampak negatif dari maraknya transaksi online yaitu,Proses transaksi yang tidak langsung bertatap muka, dapat memicu terjadinya penyimpangan dan penipuan. Apalagi pembeli dan penjual tidak saling mengenal.Transaksi online berisiko terhadap penyimpangan, karena berlangsung atas dasar saling percaya tanpa landasan hukum dan tanpa bukti fisik yang kuat. Selain itu, transaksi online juga berdampak akan mengubah pola pikir masyarakat di Indonesia untuk tidak lagi belanja secara offline. Hal ini mengakibatkan terancamnya pasar tradisional.

    BalasHapus
  66. Nama : Ridfa Fadlilana
    Kelas : XIIA
    Dampak positif:
    -Belanja menjadi lebih praktis
    -Dapat membandingkan harga
    -Menghemat tenaga dan waktu
    -Harga barang cenderung lebih murah
    -Membantu perekonomian pedagang kecil.
    Dampak negatif:
    -Barang cenderung tidak sesuai dengan gambar
    -Tidak bisa membedakan barang asli atau tiruan
    -Sering terjadi penipuan, setelah uang ditransfer, barang tidak diterima
    -Menimbulkan perilaku konsumtif
    -Rentan aksi pemboboloan rekening jika pembayaran dilakukan melalui Internet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:ahmad jalaludin
      Kls :12a
      Dampak positif
      Belanja menjadi lebih praktis

      Hapus
  67. Nama:ahmad jalaludin
    Kls :12a
    Dampak positif
    -belanja menjadi lebih praktis
    -dapat membadingkan harga
    Dampak negatif
    -tidak bisa membedakan barang asli atau tiruan

    BalasHapus
  68. Nama:luqman nur wahib
    Kls:Xlla

    Dampak negatif dari maraknya transaksi online yaitu,Proses transaksi yang tidak langsung bertatap muka, dapat memicu terjadinya penyimpangan dan penipuan. Apalagi pembeli dan penjual tidak saling mengenal.Transaksi online berisiko terhadap penyimpangan, karena berlangsung atas dasar saling percaya tanpa landasan hukum dan tanpa bukti fisik yang kuat. Selain itu, transaksi online juga berdampak akan mengubah pola pikir masyarakat di Indonesia untuk tidak lagi belanja secara offline. Hal ini mengakibatkan terancamnya pasar tradisional.

    BalasHapus
  69. Nama:luqman nur wahib
    Kls:Xlla

    Dampak negatif dari maraknya transaksi online yaitu,Proses transaksi yang tidak langsung bertatap muka, dapat memicu terjadinya penyimpangan dan penipuan. Apalagi pembeli dan penjual tidak saling mengenal.Transaksi online berisiko terhadap penyimpangan, karena berlangsung atas dasar saling percaya tanpa landasan hukum dan tanpa bukti fisik yang kuat. Selain itu, transaksi online juga berdampak akan mengubah pola pikir masyarakat di Indonesia untuk tidak lagi belanja secara offline. Hal ini mengakibatkan terancamnya pasar tradisional.

    BalasHapus

INTERAKSI ANTARORGANISME DALAM EKOSISTEM

INTERAKSI ANTARORGANISME DALAM EKOSISTEM 1. Predasi     Bentuk hubungan antara pemangsa (predator) dan yang dimangsa.untuk makanannya     Co...