Minggu, 30 Agustus 2020

Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmonisasi Sosial

 

Cita-cita Umat dan Harmoni Sosial


Kehidupan sosial yang damai dan harmonis adalah keinginan hampir seluruh rakyat (disini penulis  bilang hampir karena penulis yakin memang ada beberapa orang yang sengaja menyebabkan perpecahan / konflik). 

Kebanyakan dari kita menginginkan sebuah kehidupan sosial yang damai dan harmonis agar tidak menimbulkan banyak pepecahan karena adanya perbedaan dalam Indonesia. Indonesia memang memiliki begitu banyak keanekaragaman atau bisa dibilang memiliki banyak ketidaksamaan. 

Tetapi dari ketidaksamaan ini muncul banyak keanekaragaman yang dapat membuat muncul rasa untuk mengahargai perbedaan orang lain dan sifat toleransi yang tinggi. Maka karena itu ada semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" yang artinya adalah berbeda-beda tetapi satu. Ini menunjukkan walaupun kita semua berbeda, tetapi kita semua itu setara dan satu. 

Kita memang berbeda, tetapi itu bukan berarti kita tidak layak untuk mendapatkan perlakuan yang setara dan adil. Kita semua itu layak untuk mendapatkannya dan itu adalah hak kita untuk mendapatkannya. 

Pada suatu keanekaragaman diperlukan adanya konsep kesetaraan. Agar kita bisa mengerti lebih jelas lagi, kita harus mengetahui apa arti dari kesetaraan. Kesetaraan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sejajar, sama tingginya, sama rendahnya, sama tingkatannya, sama kedudukannya, sama kualitasnya, sebanding, seimbang, dan lain sebagainya. 

Kesetaraan dalam sosiologi adalah suatu tata politik sosial dimana masing-masing orang memiliki status yang sama. Ini bisa dibilang kita semua setara dalam hak hukum, keamanan, hak kebebasan berpendapat, dan hak-hak lainnya. 

Kesimpulannya adalah kesetaraan melihat manusia sebagai orang yang memiliki derajat yang sama dan tidak terpengaruhi oleh status seseorang seperti ras dan suku seseorang, atau juga kekayaan seseorang atau besarnya kekuasaan yang dimiliki oleh suatu individu. 

Perbedaan atau keberagaman yang ada di Indonesia bisa menyebabkan konflik atau perpecahan dan adalanya perlakuan diskriminatif terhadap suatu kelompok tertentu. Maka karena itu prinsip kesetaraan harus diterapkan. Prinsip kesetaraan dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah dalam hal hak, individu memiliki hak yang sama dalam aspek apapun. 

Yang kedua adalah dalam hak kewajiban, individu tidak boleh ada yang diperlakukan secara berbeda. Dengan adanya prinsip-prinsip ikesetaraan, ini bisa mebuat mereka sadar diri akan apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan kehidupan sosial yang damai dan harmonis. 

Mengenai prinsip kesetaraan, ini dapat memberikan peluang bagi semua orang untuk mendapatkan kesempatan pendidikan dan perkerjaan baik bagi laki-laki atau perempuan. Jadi bisa dibilang juga bahwa kesetaraan tidak ada batasan apapun. 

Yang dimaksudkan dari sini adalah semua individu dipandang sama dan memiliki derajat yang sama dan tidak ada perlakuan khusus untuk golongan tertentu. 

Prinsip kesetaraan sungguh harus diterapkan dan bukan hanya itu, harus ditanamkan kedalam diri orang masing-masing secepat mungkin. Karena tanpa kedua prinsip ini, maka akan terjadi semakin banyak konflik sehingga masyarakat hsemakin rentan dalam mengalami pepecahan. 

Maka karena itu prinsip ini harus diterapkan secepat mungkin agar dapat mewujudkan masyarakat yang harmonis dan memiliki integrasi sosial yang kuat. 

Prinsip kesetaraan perlu diterapkan kepada setiap individu, tetapi yang paling penting adalah masyarakat Indonesia yang majemuk. Mengapa? Karena mereka sangat rentan terhadap perpecahan. 

Perlakuan diskriminatif terhadap suatu kelompok tertentu sangat sering terjadi. Misalnya seperti konflik karena adanya perbedaan agama (apalagi dengan mengingat bahwa kelompok agama yang mendominasi dalam jumlahnya di Indonesia adalah agama Islam). Konflik karena adanya perbedaan suku bangsa, atau pun hisa antar kelompok. 

Terjadi karena tidak adanya sikap menghargai dan toleran pada orang-orang yang memiliki perbedaan dengan dirinya sendiri. Perbedaan adalah suatu hal yang normal dalam masyarakat karena memang setiap orang itu berbeda, tidak mungkin semuanya sama. 

Perbedaan atau keanekaragaman janganlah dijadikan menjadi suatu penghalang untuk menciptakan kehidupan yang harmonis dan tenang dalam masyarakat. Padahal, nenek dan kakek moyang kita sudah berjuang dengan sangat keras untuk mempersatukan bangsa Indonesia dan kita sebagai penerusnya harus menjaganya dan mempertahankannya. 

Kita tidak boleh menyia-nyiakan kerja keras nenek dan kakek moyang kita hanya karena keanekaragaman. Kita harus bisa belajar untuk lebih menghargai sesame yang berbeda dengan kita, karena sebenarnya kalau dipikir-pikir lagi mereka itu sama dengan kita. 

Kita harus sadar bahwa sebenarnya kita bisa mencapai kehidupan yang harmonis jika kita berusaha dan belajar untuk toleransi terhadap orang yang berbeda dengan kita. Kita harus bisa selalu berpikir positif. 

Misal ada orang yang menganggap orang yang berbeda ini adalah orang jahat karena beberapa tindakan yang dilakukan oleh kelompoknya. Kita harus bisa sadar bahwa yang salah adalah orang yang melakukannya, bukannya langsung mengecap orang yang berasal dari kelompok tersebut sebagai orang jahat. 

Dengan berpikir positif dan rsional, lama-lama setiap orang akan bisa memiliki sikap toleran yang tinggi dan saling ramah terhadap satu dengan yang lain.

Tugas :

Mengapa kesenjangan sosial dapat menimbulkan terjadinya konflik

14 komentar:

  1. Nama:moh.fatkhul munir
    Kelas:Xl A

    Karena kesenjangan itu sendirilah yang menyebabkan terjadinya konflik setiap masyarakat memiliki pola perilaku yang berbeda yang menyebabkan konflik,tingkah laku masyarakat satu dengan yang lainnya tidak bisa terlalu sama,hal itulah yang menyebabkan terjadinya kesenjangan dan akhirnya terjadilah konflik sosial

    BalasHapus
  2. Mereka berfikir bahwa ada seseorang yang akan menyerang lama kelamaan setiap orang akan bisa memiliki sikap toleran yang tinggi dan saling bergotong royong untuk saling membantu

    Nama Rizki Azahro Mubarika
    Kls XlA
    Noabsen19

    BalasHapus
  3. Nama : Ricko Adistia
    Kls : XI A

    Karena ketidak adilan dan ketidak merataannya hak,peluang dan kewajiban yang seharusnya kita dapatkan tetapi tidak dapat kita dapatkan,contoh saja pendidikan keperguruan tinggi,banyak orang yang pendapatan perekonomiannya yang ada di kelas bawah tidak dapat melanjutkan pendidikan di universitas akibat terkendala biaya,sedangkan orang yang perekonomiannya di kelas atas dapat dan mulus menlanjutkan pendidikan di universitas,contoh lain saja nih di kesehatan,banyak orang yang miskin tidak dapat mendapatkan fasilitas yang sama dengan orang yang kaya,bahkan jika tidak dapat membayar,maka rumah sakit tidak akan menangani.

    BalasHapus
  4. karena adanya kesengajaan sosial bisa menyebabkan beberapa orang yang sengaja membuat perpecahan / konflik, adanya perbedaan dalam Indonesia bisa menyebabkan konflik juga,tingkah laku masyarakat satu dengan yang lainnya tidak bisa selalu sama, hal itulah yang menyebabkan terjadinya kesenjangan dan akhirnya terjadilah konflik sosial

    Nama:m nur sulaiman
    Kelas:xia
    No:14

    BalasHapus
  5. Nama : Dhorifa tisngatun nizza
    Kelas : XI-A

    Kesenjangan Sosial ini merupakan suatu keadaan atau juga kondisi yang tidak seimbang pada kehidupan sosial di dalam masyarakat, baik perorangan atau juga organisasi ataupun kelompok, yang mana terjadi ketidakadilan atau ketidaksetaraan distribusi hal-hal yang dianggap itu penting bagi masyarakat.Maka dari itu melalui banyaknya ketidakseimbangan sosial yang ada dalam masyarakat akan menghasilkan banyak perbedaan dan keberagaman yang bisa menyebabkan perpecahan atau berbagai konflik terjadi.

    BalasHapus
  6. Nama :Luluk atul khamidah
    Kelas: 11 A

    Kesenjangan atau ketimpangan sosial bisa mengakibatkan terjadinya konflik sosial karena, dengan adanya ketimpangan sosial gaya hidup hingga kebutuhan masyarakat berbeda-beda. Kemudian timbul rasa ingin seperti orang lain yang lebih dari dia padahal dia tidak mampu untuk mewujudkannya. Akhirnya orang tersebut nekad untuk melakukan hal yang dapat merugikan orang lain.

    BalasHapus
  7. Nama:Hadi muhaiminudin
    Kelas:XI A

    karena pengertian kesenjangan sosial itu sendiri yaitu suatu keadaan ketidakseimbangan sosial yang ada dalam masyarakat yang menjadikan suatu perbedaan yang sangat mencolok ..melalui banyaknya perbedaan dalam masyarakat menghasilkan pula banyak pandangan hidup yang berbeda dan dari pandangan hidup yang berbeda itu dapat mengakibatkan berbagai konflik .

    BalasHapus
  8. Nama:m.najib zam zami
    Kelas:11a

    Kesenjangan sosial adalah suatu ketidakseimbangan sosial yang ada di lingkungan masyarakat yang menimbulkan perbedaan mencolok di masyarakat hal ini dapat memicu adanya diskriminasi terhadap kelompok tertentu yang ber akibat terjadinya konflik dalam masyarakat hanya karna perbedaan pandangan atau ciri fisik. Kesenjangan sosial ditandai dengan adanya perbedaan kesempatan atau manfaat yang ada di masyarakat meskipun mereka berada di status sosial yang sama

    BalasHapus
  9. Nama :naya fitriana
    Kelas:11a

    Karena ketidak adilan dan ketidak merataannya hak,peluang dan kewajiban yang seharusnya kita dapatkan tetapi tidak dapat kita dapatkan,contoh saja pendidikan keperguruan tinggi,banyak orang yang pendapatan perekonomiannya yang ada di kelas bawah tidak dapat melanjutkan pendidikan di universitas akibat terkendala biaya,sedangkan orang yang perekonomiannya di kelas atas dapat dan mulus menlanjutkan pendidikan di universitas,contoh lain saja nih di kesehatan,banyak orang yang miskin tidak dapat mendapatkan fasilitas yang sama dengan orang yang kaya,bahkan jika tidak dapat membayar,maka rumah sakit tidak akan menangani

    BalasHapus
  10. Nama:Anisa'nur kasihani
    Kls:11A
    Kesenjangan itu menyebabkan konflik sosial karena terjadi ketidaksamaan dan ketidakseimbangan sosial dalam masyarakat karna ada perbedaan yang tidak sama dan penyebabnya bisa perpecahan sosial dalam masyarakat.

    BalasHapus
  11. Nama:Siti Nurkholifah
    Kelas:11a

    Karena, kesenjangan itu sendirilah yang menyebabkan terjadinya konflik, setiap masyarakat memiliki pola perilaku yang berbeda yang menyebabkan konflik, tingkah laku masyarakat satu dengan yang lainnya tidak bisa selalu sama, hal itulah yang menyebabkan terjadinya kesenjangan dan akhirnya terjadilah konflik sosial.

    BalasHapus
  12. Nama : Elsyifa Nilna Faza
    Kelas : XIA
    Ansen : 08

    Karena,setiap masyarakat memiliki pola perilaku yang berbeda sehingga bisa menyebabkan konflik, tingkah laku masyarakat satu dengan yang lainnya tidak bisa selalu sama.

    BalasHapus
  13. Nama : Ha Ana Munadzirin
    Kelas : XI A

    Karena ketidak adilan dan ketidak merataannya hak,peluang dan kewajiban yang seharusnya kita dapatkan tetapi tidak dapat kita dapatkan.

    BalasHapus
  14. Nama:Dicky sandika putra
    Kls:11A
    Dikarenakan selain kesenjangan sosial adalah masalah sosial hal tersebut juga membuat perpecahan dikarenakan setiap masyarakat memiliki poa pikir yang berbeda dan hal tersebut terkadang bisa menjadi sebuah konflik

    BalasHapus

INTERAKSI ANTARORGANISME DALAM EKOSISTEM

INTERAKSI ANTARORGANISME DALAM EKOSISTEM 1. Predasi     Bentuk hubungan antara pemangsa (predator) dan yang dimangsa.untuk makanannya     Co...