Selasa, 04 Agustus 2020

Materi Sosiologi SMA Kelas XI: PERMASALAHAN SOSIAL DALAM MASYARAKAT


Pengertian Permasalahan Sosial

Permasalahan sosial merupakan suatu gejala sosial yang terjadi dalam masyarakat yang diakibatkan karena adanya interaksi sosial di antara para warga masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan atau kepentingan dalam hidupnya. Sebagaimana kita ketahui bahwa interaksi sosial dalam masyarakat dapat berlangsung secara asosiatif maupun disosiatif. interaksi sosial yang bersifat asosiatif akan menghasilkan gejala-gejala sosial yang normal sehingga dalam masyarakat akan terjadi keteraturan sosial, sedangkan interaksi sosial yang bersifat disosiatif akan menghasilkan gejala-gejala abnormal atau gejala-gejala yang sifatnya patologis sehingga masyarakat mengalami ketidakteraturan sosial dalam bentuk disorganisasi atau disintegrasi sosial.
Yang mana gejala-gejala abnormal itu terjadi karena adanya unsur-unsur dalam masyarakat yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehinga menciptakan kekecewaan-kekecewaan atau kesulitan-kesulitan yang dialami oleh para warga masyarakat dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan atau kepentingan hidupnya.
Dalam kajian Sosiologi, gejala-gejala yang abnormal tersebut dinamakan dengan masalah sosial. Sedangkan pengertian masalah itu sendiri adalah gejala-gejala yang terjadi (das sein) tidak sebagaimana yang diharapkan (das sollen) oleh sebagian besar warga masyarakat. Dan masalah itu disebut sosial karena berhubungan dengan hubungan di antara warga masyarakat dan menyangkut tentang nilai-nilai sosial dan lembaga-lembaga kemasyarakatan (pranata atau institusi sosial).
Kemudian apa perbedaan antara masalah sosial dengan perilaku menyimpang? Apakah bunuh diri (suicide), perceraian, penyalahgunaan narkotika, perjudian, banyaknya gelandangan di kota-kota besar, dan semacamnya merupakan masalah sosial? Berdasarkan nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku di sebagian besar warga masyarakat, perilaku-perilaku tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai sosial dan melanggar norma-norma sosial. Maka gejala-gejala tersebut dapat dikategorikan sebagai gejala-gejala yang menyimpang.
Atau dengan kata lain permasalahan sosial merupakan sebuah gejala atau fenomena yang muncul dalam realitas kehidupan bermasyarakat. Dalam mengidentifikasi permasalahan sosial yang ada di masyarakat berbeda-beda antara tokoh satu dengan lainnya. Sedangkan pengertian permasalahan sosial oleh beberapa ahli adalah sebagai berikut:
  1. Menurut Soerjono Soekanto, masalah sosial merupakan suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.
  2. Menurut Soetomo masalah sosial adalah sebagai suatu kondisi yang tidak diinginkan oleh sebagian besar warga masyarakat.
  3. Menurut Lesli, masalah sosial sebagai suatu kondisi yang mempunyai pengaruh terhadap kehidupan sebagian besar warga masyarakat sebagai sesuatu yang tidak diinginkan atau tidak disukai dan karena perlunya untuk diatasi atau diperbaiki.
  4. Menurut Martin S. Weinberg, masalah sosial adalah situasi yang dinyatakan sebagai sesuatu yang bertentangan dengan nilai-nilai oleh warga masyarakat yang cukup signifikan, dimana mereka sepakat dibutuhkannya suatu tindakan untuk mengubah situasi tersebut.

Faktor Penyebab Permasalahan Sosial

Pada dasarnya, permasalahan sosial merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini dikarenakan masalah sosial terwujud sebagai hasil dari kebudayaan manusia itu sendiri dan akibat dari hubungan dengan manusia lainnya. Suatu gejala dapat disebut sebagai permasalahan sosial dapat diukur melalui:
  1. Tidak adanya kesesuaian antaranilai sosial dengan tindakan sosial.
  2. Sumber dari permasalahan sosial merupakan akibat dari suatu gejala sosial di masyarakat.
  3. Adanya pihak yang menetapkan suatu gejala sosial tergantung dari karakteristik masyarakatnya.
  4. Perasalahan sosial yang nyata (manifest social problem) dan masalah sosial tersembunyi (latent social problem).
  5. Perhatian masyarakat dan masalah sosial.
  6. Sistem nilai dan perbaikan suatu permasalahan sosial.
Permasalahan sosial yang ada di masyarakat sangat beragam. Masalah yang dihadapi oleh seseorang belum tentu dapat disebut sebagai masalah sosial. Oleh karena itu, Raabdan Selznick mengemukakan permasalahan sosial yang ada di masyarakat dapat terjadi apabila:
  1. Terjadi hubungan antarwarga masyarakat yang menghambat pencapaian tujuan penting dari sebagian besar warga masyarakat.
  2. Organisasi sosial tidak dapat mengatur hubungan antar warga dalam menghadapi ancaman dari luar.

Dampak Masalah Sosial di Masyarakat

Dalam lingkungan masyarakat pasti terdapat berbagai macam permasalahan sosial. Contoh masalah sosial di masyarakat, seperti kenakalan remaja, masalah kependudukan, masalah pencemaran lingkungan, maupun masalah sosial lainnya. Adanya berbagai masalah sosial di lingkungan masyarakat dapat membawa dampak bagi masyarakat itu sendiri. Dampak yang muncul juga sangat beragam, baik dampak positif maupun negatif. Adapun dampak negatif dari adanya permasalahan sosial di masyarakat, antara lain:
  1. Meningkatnya tingkat kriminalitas.
  2. Adanya kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin.
  3. Adanya perpecahan kelompok.
  4. Munculnya perilaku menyimpang
  5. Meningkatkan pengangguran


TUGAS

DARI  DAMPAK MASALAH SOSIAL YANG TERJADI DILINGKUNGAN KALIAN SOLUSI APA YANG SEKIRANYA DAPAT MEMECAHKAN MASALAH TERSEBUT

32 komentar:

  1. Nama : Luluk atul khamidah
    Kelas :11A

    1).Kelangkaan Barang.
    Sejak jumlah korban Covid-19 terus meningkat di Indonesia, beberapa barang menjadi langka di pasaran.
    2). Pencurian
    Akibat covid-19 angka pencurian di masyarakat sekitar sangat meningkat,oknum² ini nekat mencuri karena sulit nya mencari uang untuk mencukupi kebutuhan nya.
    3). pengangguran dan kemiskinan
    akibat kasus Corona ini. Para pekerja informal yang biasanya mendapatkan pendapatan harian kini kesulitan untuk memenuhi kebutuhannya. Mereka adalah pekerja warung, toko kecil, pedagang asongan, pedagang di pasar, pengendara ojek online.

    BalasHapus
  2. Nama: M. Najib zam zami
    Kelas: 11 a

    Meningkatnya angka kriminalitas sejak pandemi covid 19

    BalasHapus
  3. nama:naya fitriana
    kelas:11a

    kasus pademi covid-19 diindonesia setiap hari terus meningkat.
    Kesejahteraan sosial masyarakat di sini berkaitan dengan kesehatan, kondisi ekonomi domestik rumah tangga, rasa aman-nyaman, serta kualitas hidup yang baik. Sehingga masyarakat yang sedang dihadapkan pada pandemi Covid-19 dapat tetap memenuhi kebutuhan dasarnya dan menjalankan fungsi sosialnya.

    BalasHapus
  4. Nama:Rizki Azahro Mubarika
    Kls11A
    Kasus pandemi kofit19 setiap hari semakin meningkat kesejahteraan masyarakat disini banyak yang menggunakan masker saatkeliar rumah untuk menjaga kesehatan kita

    BalasHapus
  5. Nama:M nur sulaiman
    Kelas:11a


    Meningkatnya kenakalan remana saat pandemi covid-19

    BalasHapus
  6. Angka kemiskinan dan pengangguran meningkat
    Kemiskinan diartikan sebagai suatu keadaan dimana seseorang tidak sanggup memelihara dirinya sendiri sesuai dengan taraf kehidupan kelompok dan juga tidak mampu memanfaatkan tenaga mental maupun fisiknya dalam kelompok tersebut kasus Corona di Indonesia telah hampir melumpuhkan kegiatan ekonomi masyarakat sejak pemerintah menerapkan berbagai kebijakan seperti work from home pembatasan wilayah dan penutupan berbagai tempat publik seperti tempat wisata banyak perusahaan atau perkantoran yang meliburkan pegawainya. Para pengusaha UMKM juga bahkan ada yang memutihkan karyawan (PHK) sebagai antisipasi dampak penutupan usaha dalam waktu yang belum ditentukan

    Nama:moh fatkhul munir
    Kelas:Xl A

    BalasHapus
  7. Nama:Siti Nurkholifah
    Kelas:11a


    Sejak adanya pandemi Covid-19 banyak pencurian,pengangguran dan kemiskiman,karena sejak pandemi tersebut semua kegiatan-kegiatan di tutup,tidak diperbolehkan berkumpul,harus tetap berada dirumah

    BalasHapus
  8. Nama : Elsyifa Nilna Faza
    Kelas : XIA

    Semakin meningkatnya pandemi covid-19 membuat ekonomi masyarakat semakin menurun

    BalasHapus
  9. Nama : Dhorifa tisngatun nizza
    Kelas : XI-A
    Adanya kasus pandemi covid 19 yang yang terus meningkat berdampak besar pada perekonomian masyarakat sekitar.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Nama:ricko adistia
    Kls: XI A
    Adanya wabah covid 19 yang terus menerus meningkat

    BalasHapus
  12. Dicky sandika putra
    11A
    Warga sering kehilangan barang dan uang, lalu kendala ekonomi bagi rakyat kecil yang berkelanjutan akan membuat kesejahteraan rakyat semakin menurun, dan kurangnya lapangan kerja akibat covid-19

    BalasHapus
  13. Nama:Hadi muhaiminudin
    Kelas:XI-A
    Sejak adanya kasus pandemi covid-19 ini masyarakat tidak bisa bekerja sepenuhnya.

    BalasHapus
  14. Nama:Anisa'nur kasihani
    Kls:11A
    Kasus pandemi covid-19 sangatlah meningkat kebanyakan masyarakat susah untuk mencari pekerjaan dikarenakan harus dirumah saja.

    BalasHapus
  15. Nama :Angga Dwi Saputra
    Kls : 11A

    Sejak adanya covid-19 masyarakat banyak yang risau karena ada banyaknya pencurian, kemiskinan, kelaparan dan isu isu burung yang beredar luas di masyarakat. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya pekerjaan atau para buruh kerja yang di liburkan untuk melockdown diri dan menghindari penyebaran covid-19.

    BalasHapus
  16. budi setiawan
    11A
    sejak adanya covid-19masarakat banyak yang risau karna banyak pencurian hal tersebut disebapkan karna banyak pekerja yang duliburkan.

    BalasHapus
  17. Nama : Ha Ana Munadzirin
    Kelas : XI A
    Sejak adanya covid 19 masyarakat tidak bisa bekerja secara maksimal, dan terjadinya pengangguran

    BalasHapus
  18. Meningkatnya tingkat pengangguran yg lebihhh darii sebelum datangnya Covid 19


    Nama : Binti masruroh
    Kelas : XI b

    BalasHapus
  19. Nama : m zainal abidin
    Kelas: XI B

    Meningkatnya angka kriminalitas cara mengatasi nya dengan melakukan ronda malam secara bergilir

    BalasHapus
  20. Nama:Evy lutviana
    Kelas:11b


    kasus pandemi covid19 yang terus meningkat akan berdampak buruk bagi perekonomian dan meningkatnya terjadinya pengangguran.

    BalasHapus
  21. NAMA:MUHAMMAD FACHRUR ROZI
    KELAS:11 B

    Semenjak pandemi covid 19 para warga khawatir adanya pencurian karena semua perusahaan diliburkan,maka dari itu setiap malam diadakan ronda secara bergiliran.

    BalasHapus
  22. Nama :aini nurfadhilah
    Kelas :11b
    Semenjak pandemi covid 19 banyak warga yang kehilangan pekerjaannya juga meningkatnya tindakan kriminalitas ,untuk itu setiap malam diadakan ronda.

    BalasHapus
  23. Nama: agung yudhistiri
    Kls :11b
    Semenjak pandemi covid 19 banyak warga yang kehilangan pekerjaannya juga meningkatnya tindakan kriminalitas ,untuk itu setiap malam diadakan ronda.

    BalasHapus
  24. Nama :Ahmad Zahid Alwi
    Kelas:XI b

    Di masa wabah penyakit ini mau tidak mau harus berisolasi mandiri dirumah saja,dengan mela-
    kukan kegiatan dan beribadah dirumah.Tapi banyak warga muslim yang tidak setuju jika sholat jum'at di masjid dilarang karena bagai-mana juga itu adalah kewajiban seorang laki2
    muslim,sampai terjadi pedebatan dan permasala-
    han.Akhirnya warga memutuskan tetap sholat jumat tapi dengan social distancing dan memakai masker



    BalasHapus
  25. Nama: Ira Juliana
    kelas : XI B
    Saat ini masalah yang di timbulkan dari virus covid -19 tidak hanya persoalan kesehatan namun juga menyangkut perekonomian global . dampak yang cukup besar dirasakan di berbagai negara khususnya di indonesia dengan adanya pandemi ini melemahnya sektor ekonomi .virus covid -19 juga telah mengakibatkan krisis ekonomi yang sangat dalam dan berdampak bagi kehidupan masyarakat kelumpuhan pada segi ekonomi semakin parah dengan adanya penguncian ( lockdown) terhadap seluruh aktifitas ekonomi masyarakat dan akan mempercepat peningkatan jumplah pengangguran, dan menjadi bertambahnya angka kriminalitas

    BalasHapus
  26. Nama: Aryadani Mubarok
    Kelas:11B

    Semenjak pandemi covid 19 banyak warga yang kehilangan pekerjaannya sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan meningkatnya kriminalitas, sehingga setiap malam diadakan ronda secara bergantian

    BalasHapus
  27. Nama: Eka ayu septiana
    Kelas: 11B

    semenjak covid 19 angka Pencurian di masyarakat sanggat meningkat, karena banyak orang yang kehilangan pekerjaan nya, solusinya yaitu dengan mengadakan jaga malam di setiap desa.

    BalasHapus
  28. Nama m jaliludin
    Kls12 b
    Meningkatnya penggaguran

    BalasHapus
  29. Nama:Nuril fatchurohman
    Kelas: 12b

    Saat adanya covid-19 masyarakat bingung untuk melaksanakan kegiatan sehari dan semua itu yang di lakukan harus memakai protokol kesehatan dan semua itu enggak semua orang mematuhinya mencari pekerjaan sulit dan sudah mempunyai pekerjaan tapi gaji di potong apakah cukup menghidupi keluarganya . Kesana kemari takut saat bepergian , dan di kampung maupun di desa banyaknya pencuri karna untuk menghidupi dirinya sendiri karena tidak ada pekerjaan selama covid-19.
    Mengatasinya yaitu mematuhi protokol kesehatan dan jaga jarak aman dan waspada di desa maupun kota agar tidak kemalingan.

    BalasHapus
  30. Nama:Inzaghi Harnadi Yudha Perdana
    kLS:XII B
    Semenjak pandemi covid 19 banyak warga yang kehilangan pekerjaannya sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan meningkatnya kriminalitas, sehingga setiap malam diadakan ronda secara bergantian

    BalasHapus
  31. Nama: Siti Fatimah
    Kelas:11b

    semenjak covid 19 angka Pencurian di masyarakat sanggat meningkat, karena banyak orang yang kehilangan pekerjaan nya, solusinya yaitu dengan mengadakan jaga malam di setiap desa

    BalasHapus
  32. Nama :rokhmatul iza
    Kelas:12B

    Semenjak ada covid 19 di indoneisa banyak nya pengangguran dan kehilangan pekerjaan ekonomi menuun.

    BalasHapus

INTERAKSI ANTARORGANISME DALAM EKOSISTEM

INTERAKSI ANTARORGANISME DALAM EKOSISTEM 1. Predasi     Bentuk hubungan antara pemangsa (predator) dan yang dimangsa.untuk makanannya     Co...