Jumat, 17 Juli 2020

Fungsi Sosiologi untuk Mengenali Penilaian Sosial di Masyarakat


Fungsi Sosiologi untuk Mengenali Penilaian Sosial di Masyarakat (Materi Pembelajaran SMA Kelas X K.13)

     Secara etimologis, Sosiologi berasal dari kata Latin socius yang berarti teman atau kawan, dan logo yang berasal dari kata Yunani yang berarti 'ilmu'. Merujuk pada arti dua kata tersebut, maka sosiologi berarti ilmu tentang teman. Dalam arti yang lebih luas, sosiologi diartikan sebagai ilmu yang berinteraksi manusia dalam masyarakat. Sosiologi menyetujui mengkaji acara-peristiwa dalam kehidupan masyarakat, yaitu persekutuan manusia yang selanjutnya berusaha untuk mendatangkan perbaikan dalam kehidupan bersama.
     Istilah sosiologi pertama kali digunakan Auguste Comteuntuk membicarakan situasi masyarakat Eropa pada saat itu. Sosiologi sebagai ilmu mulai dikenal sejak abad ke-19 dengan melepaskan diri dari filsafat. Sosiologi adalah ilmu yang menghubungkan kehidupan bersama dalam masyarakat, dan ikatan ikatan-ikatan antarmanusia dalam kehidupan. Sosiologi mencoba memahami sifat dan tujuan hidup bersama, terbentuk, tumbuh, dan berubah kumpulan-kumpulan manusia yang hidup bersama itu, serta kepercayaan, keyakinan yang memberi sifat lengkap tentang cara hidup bersama dalam setiap persekutuan hidup manusia. Ringkasnya, sosiologi merupakan ilmu masyarakat atau ilmu kemasyarakatan yang membahas manusia sebagai anggota golongan atau masyarakat (tidak termasuk individu yang terlepas dari golongan atau masyarakat), serta ikatan-ikatan adat, kebiasaan, kepercayaan atau agama, tingkah laku, dan kesenian,
     Seiring dengan perkembangan Sosiologi, berikut ini merupakan pengertian sosiologi menurut pendapat para ahli.
  • Sosiologi adalah ilmu yang menghasilkan manusia yang memiliki naluri untuk senantiasa hidup bersama dengan sesamanya (Comte Agustus).
  • Sosiologi adalah ilmu yang menghasilkan fakta sosial. Fakta sosial merupakan cara bertindak, berpikir, dan berperasaan yang berada di luar individu, serta memiliki kekuatan yang mendukung dan mengendalikan (Emile Durkheim).
  • Sosiologi adalah ilmu yang melakukan tindakan sosial. Tindakan sosial adalah tindakan yang dilakukan dengan pertimbangan dan berorientasi pada orang lain (Max Weber).
  • Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan hubungan sosial antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, serta sifat dan perubahanperubahan dalam lembaga-lembaga dan ide-ide sosial (PJ. Bouman).
  • Sosiologi adalah ilmu yang membahas tentang:
  1. Hubungan dan interaksi timbal balik antara aneka macam sosial, misalnya antara ekonomi dan agama, keluarga dan moral, hukum dan ekonomi, gerak masyarakat dan politik, dan sebagainya.
  2. Hubungan dan saling mempengaruhi antara gejala-gejala sosial dan gejala-gejala, gejala, gejala, biologis, dan sebagainya.
  3. Ciri-ciri umum semua jenis ciri sosial (Pitirim A. Sorokin).
  • Sosiologi atau ilmu masyarakat adalah ilmu yang membahas struktur sosial dan proses sosial, termasuk perubahan sosial (Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi).
  • Sosiologi adalah sebuah studio yang mengkaji masyarakat yang mencapai kesatuan, kebernya, dan cara-cara masyarakat yang berubah (Kingsley Davis).
          Sebagai ilmu, Sosiologi memiliki ciri:
  1. Empiris (berdasarkan hasil observasi atau pengumpulan)
  2. Teoritis (berusaha menyusun abstraksi dari hasil observasi)
  3. Kumulatif (teori-teori sosiologi dibuat berdasarkan teori-teori yang sudah ada sebelumnya dalam arti memperbaiki, dikembangkan dan diperhalus teori-teori lama)
  4. Non-Etis (tidak mempersoalkan fakta yang buruk, tetapi menjelaskan fakta-fakta tersebut sebagai analitis)
     Dalam diskusi masyarakat, sosiologi memfokuskan studinya pada hal-hal seperti hubungan timbal-balik antara manusia satu dan manusia lain, hubungan antar individu dan kelompok. hubungan antara kelompok yang satu dan kelompok lain, proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut dalam masyarakat.
     Sosiologi secara umum mengenai studi tentang manusia dalam masyarakat. Namun, para sosiolog umumnya memiliki perbedaan yang berbeda dalam melihat objek sosiologi. Ada sosiolog yang mungkin lebih tertarik untuk mengupas tentang masalah menyimpang pada manusia (sosiologi kriminal), ada juga yang mungkin lebih tertarik mengupas tentang politik dari kehidupan sosial masyarakat (sosiologi politik). Ketertarikan yang berbeda-beda tersebut menumbuhkan berbagai spesialisasi dan subilmu dalam sosiologi.
     Sosiologi mengenal dua metode penelitian yaitu metode kualitatif yang dipakai penelitian dan metode kuantitatif (mengaitkan pernyataan berdasarkan angka-angka atau variasi-variasi yang berkaitan dengan skala, indeks, tabel, atau statistik uji).
Fungsi Sosiologi
     Secara umum, Sosiologi memiliki fungsi, yaitu fungsi Sosiologi dalam pembangunan, fungsi Sosiologi dalam mengatasi masalah sosial, Fungsi Sosiologi dalam perencanaan sosial, dan fungsi Sosiologi dalam penelitian. Keempat fungsi tersebut dapat ditampilkan sebagai berikut.
  1. Fungsi Sosiologi dalam Pembangunan
  2. Fungsi Sosiologi dalam Pemecahan Masalah Sosial
  3. Fungsi Sosiologi dalam Perencanaan Sosial
  4. Fungsi Sosiologi dalam Penelitian
Peran Sosiologi
  1. Sosiolog sebagai ahli penelitian. Para sosiolog melakukan penelitian ilmiah. Tujuannya adalah mencari data kehidupan sosial masyarakat.
  2. Sosiolog sebagai konsultan kebijakan. Prediksi sosiologi dapat membantu menentukan kebijakan sosial yang mungkin terjadi.
  3. Sosiolog sebagai persetujuan. Beberapa kegiatan terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan masyarakat.
  4. Sosiolog sebagai guru atau pendidik
     Selain itu, sosiologi juga memiliki manfaat yang dapat memberikan pengetahuan tentang pola interaksi yang terjadi di masyarakat; dapat membantu masyarakat dalam mengendalikan atau mengendalikan anggota dalam kehidupan masyarakat; mampu mengkaji status dan peran anggota masyarakat, serta dapat menilai masyarakat atau budaya lain, memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang nilai, norma, tradisi dan kepercayaan yang dianut masyarkat lain; serta memahami perbedaan yang ada, serta membuat generasi penerus bangsa lebih tanggap, kritis, dan rasional dalam kesulitan.
PENGAYAAN
  1. Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat majemuk yang terdiri dari berbagai ras, suku bangsa, adat istiadat, agama, dan bahasa daerah. Dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika, kemajemukan itu diharapkan dapat melahirkan persatuan dan kesatuan untuk seluruh bangsa Indonesia. Namun pada saat kemajemukan itu tidak jarang memunculkan konflik, seperti yang terjadi di Timika, Papua. Melihat fenomena tersebut, tindakan apa yang dapat kamu lakukan agar peristiwa itu tidak terjadi lagi pada suku bangsa yang lain?

42 komentar:

  1. saya akan mengembangkan sikap toleran pada diri saya, saya juga akan menjaga kerukunan dan menghargai setiap titik perbedaan yang ada serta ikut melindungi hak-hak orang lain agar orang lain tidak merasa didiskriminasi.

    BalasHapus
  2. saya akan mengembangkan sikap toleran pada diri saya, saya juga akan menjaga kerukunan dan menghargai setiap titik perbedaan yang ada serta ikut melindungi hak-hak orang lain agar orang lain tidak merasa didiskriminasi.

    BalasHapus
  3. Tindakan yang saya lakukan adalah, menerapkan & mengembangkan sikap toleransi, & saling menghargai, menghormati satu sama lain, serta ikut melindungi hak" orang lain, agar tercipta hubungan yang rukun,damai dalam masyarakat. Trimakasih.

    BalasHapus
  4. Nama:zahrotul fuadiyah
    Kls:xb
    Menurut saya, hal yang akan saya lakukan agar konflik dan peristiwa dipapua tersebut tidak terulang kembali kita harus lebih menghargai perbedaan,menjunjung tinggi rasa saling menghormati,tidak membudayakan membuli berdasarkan perbedaan ras dan meningkatkan kesadaran pribadi, walaupun kita berbeda beda tetapi kita harus tetap menjunjung rasa satu kesatuan

    BalasHapus
  5. Tindakan yg saya lakukan adalah dengan menerapkan sikap saling menghargai dan menghormati segala perbedaan yang ada agar tidak terjadi konflik di lingkungan masyarakat. Terimakasih.

    BalasHapus
  6. Tindakan yg saya lakukan adalah dengan menerapkan sikap saling menghargai dan menghormati segala perbedaan yang ada agar tidak terjadi konflik di lingkungan masyarakat. Terimakasih.

    BalasHapus
  7. Nama : Elsyifa Nilna Faza
    Kelas : XIA

    Mempelajari ilmu nahwu itu sangat penting karena ilmu nahmu mengajarkan kita untuk bisa menyusun kata dan kalimat bahasa arab dengan baik dan benar. Yang pastinya sesuai dengan kaidah Al - Qur'an

    BalasHapus
  8. Nama:Muhammad anja faiz
    10b
    Menurut saya cara mencegahnya dengan menghormati orang yang beda ras suku agama dan lain²

    BalasHapus
  9. Nama:moch khoirul anam
    Kls10b
    Caranya menghargai budaya mereka

    BalasHapus
  10. Nama:Moch ngafifudin
    Kls10b
    Menghormati dan menghargai budaya suku dan agama mereka

    BalasHapus
  11. Nama: Ira Juliana
    Kelas : XIB
    Ilmu nahwu sendiri merupakan ilmu yang membahas tentang aturan atau harakat akhir dalam sebuah kalimat Jika salah dalam memberi harakat di akhir kalimat atau tengah kalimat, maka akan berdampak pada perubahan makna.
    Selain itu, ilmu ini juga membahas struktur kalimat apakah itu menjadi mubtada’, khobar dan lain sebagainya. Dimana setiap struktur kalimat mempunyai makna yang beda

    BalasHapus
  12. Nama :Dewi Zulaikah
    Kelas :10a
    Saya akan menghargai,menghormati, mencitai,dan menyanyangi negri ini walau berbeda dalam hal ras,suku bangsa,adat istiadat,agama,dan daerah,dan saya juga akan mengembangkan sikap toleransi agar kemajemulan itu tidak memuculkan konflikdan melahirkan persatuan dan kesatuan untuk seluruh bangsa indonesia

    BalasHapus
  13. Nama:Adimas eko saputra
    Kls :Xa
    Tindakan yg saya lakukan adalah dengan menerapkan sikap saling menghargai dan menghormati segala perbedaan yang ada agar tidak terjadi konflik di lingkungan masyarakat.

    BalasHapus
  14. Menerapkan toleransi dan menghargai budayanya. Ras dan suku nya

    BalasHapus
  15. Menerapkan toleransi dan menghargai budayanya. Ras dan suku nya

    BalasHapus
  16. Menerapkan toleransi dan menghargai budayanya. Ras dan suku nya

    BalasHapus
  17. Dewi zulaikah
    10a
    Saya akan menghargai,menyanyangi menghormati, dan mencintai negri ini walau pun berbeda dlm hal ras suku bangsa adat istiadat agama dan daerah saya akan mengembangkan sikap toleran. Agar kemajemulkan tidak menimbulka konflik dan bangsa kita menjadi bersatu dlm kesatuan yang utuh

    BalasHapus
  18. Nama: Rizal Febriansyah
    Kel:Xa
    Menghargai dan menghormati segala perbedaan antara mahluk.karena manusia adlh mahluk sosial

    BalasHapus
  19. Nama:Siti rokhimatus zahro'
    Kelas:Xa
    saya akan mengembangkan sikap toleran pada diri saya, saya juga akan menjaga kerukunan dan menghargai setiap titik perbedaan yang ada serta ikut melindungi hak-hak orang lain agar orang lain tidak merasa didiskriminasi.

    BalasHapus
  20. Nama:Lisa karunia
    Kelas:xa
    menghargai,menghormati perbedaan yang beragam di bngsa ini,serta tidak mnghina adat istiadat suku lain,dan mengembangkan sikap toleransi,agar tidak menimbulkan konflik yang membuat bngsa ini berpecah belah.
    Agar bngsa kita tetap mnjadi bngsa yang aman,damai,makmur.

    BalasHapus
  21. Nama : Muhammad nur Samsodin
    Kelas:10a
    Tindakan saya Dengan cara menghormati suku budaya,ras,golongan,dan agama suku bangsa lain

    BalasHapus
  22. Kita harus saling menghargai dan saling menghormati semua perbedaan,mengembangkan sikap toleransi,dan menghargai/menghormati perbedaan Ras,Suku,agama,budaya,dll.

    BalasHapus
  23. Nama: Lailatul khabibah
    Kelas: 10a
    Saya akan mengembangkan sikap toleransi kepada yang berbeda ras, suku, agama, bahasa, maupun golongan. Agar tidak ada lagi terjadinya konflik di negara kita.

    BalasHapus
  24. Nama : widiyawati
    Kelas : 10
    Saling menjaga persatuan supaya utuh kembali

    BalasHapus
  25. Nama:Masna Nur Salehah
    Kelas:10A
    Jawaban:selalu menghargai perbedaan yg ada demi terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa

    BalasHapus
  26. NAMA:MOH IRVQN HIDAYATUL PRATAMA
    KELAS:XA
    JAWABAN:HARUS MENGHARGAI SEMUA PERBEDAAN YG ADA SEPERTI PERBEDAAN SUKU,RAS AGAMA,DAN GOLONG,AGAR TERCIPTA PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA

    BalasHapus
  27. Nama:FATKHIYA AMALIA
    Kelas:XA

    Kita harus saling menghormati dan menghargai semua perbedaan,seperti perbedaan ras,suku,agama,kebudayaan,golongan,adat,dll.Dan juga kita harus mengembangkan sikap toleransi terhadap sesama.

    BalasHapus
  28. Kita sesama manusia harus saling menghormati dan menghargai tanpa membeda bedakan ras,suku,agama

    BalasHapus
  29. Nama: Jafna Azizah
    Kelas: XA

    Menurut saya kita sebagai warga negara Indonesia dengan segala keberagaman budaya ,ras ,suku ,agama ,dll yang ada didalam nya ,kita harus merhormati ,menghargai dan membantu yang lain ,karena 1 tambah 1 itu lebih baik dari pada 2 dikurangi 1

    BalasHapus
  30. Nama Muhammad anja faiz
    Absen:19
    KlsXB
    Menurut saya cara mencegahnya adalah dengan menghormati dan menghargai orang yang beda ras suku agama dll

    BalasHapus
  31. Nama:Moch khoirul anam
    Absen:15
    Kls:XB
    Caranya menghargai budaya mereka

    BalasHapus
  32. Nama:Hanib Faisal
    Absen:10
    Kls:XB
    Menurut saya tidak membeda mbedakan orang walaupun berbeda ras suku dan golongan.

    BalasHapus
  33. Nama:abas yahya andi
    Menghormati dan menghargai orang yang beda suku agama dll

    BalasHapus
  34. Agar tidak terjadi konflik antar SARA, kita harus menerapkan sikap saling toleransi, menghargai, dan tidak mebeda-bedakan.

    Lu'lu'un XB

    BalasHapus
  35. Nama:Choirotul lailiyah

    Untuk mencegah terjadinya konflik kita harus saling menghargai, menghormati, dam memahami segala perbedaan yg terjadi.

    BalasHapus
  36. Nama:Choirotul lailiyah

    Untuk mencegah terjadinya konflik kita harus saling menghargai, menghormati, dam memahami segala perbedaan yg terjadi.

    BalasHapus
  37. Nama:M.dito zulfa nashrulloh
    Absen:14
    Kls:XB
    Tanpa adanya saling membedakan satu sama lain,salaing menghargai & menghormati sesama warga Indonesia,karena adanya perbedaan perbedaan kita hatus tunjukan kalau kita bisa bersatu.

    BalasHapus
  38. Nama:zahrotul fuadiyah
    Kelas:xB

    Menurut saya, hal yang akan saya lakukan agar konflik dan peristiwa dipapua tersebut tidak terulang kembali kita harus lebih menghargai perbedaan,menjunjung tinggi rasa saling menghormati,tidak membudayakan membuli berdasarkan perbedaan ras dan meningkatkan kesadaran pribadi, walaupun kita berbeda beda tetapi kita harus tetap menjunjung rasa satu kesatuan

    BalasHapus
  39. Nama:lilis setiyoningsih
    Kelas:Xb

    Menurut saya ,kita harus menerapkan sikap saling menghargai dan menghormati sesama manusia tanpa harus membeda bedakan ras suku dan golongan.

    BalasHapus
  40. Nama:triana
    Kls:xb

    Saya akan mengembangkan sikap toleransi dan saling menghargai satu sama lain tanpa membeda"kan ras suku dan agama..

    BalasHapus
  41. menghormati dan menghargai sesama manusia

    BalasHapus

INTERAKSI ANTARORGANISME DALAM EKOSISTEM

INTERAKSI ANTARORGANISME DALAM EKOSISTEM 1. Predasi     Bentuk hubungan antara pemangsa (predator) dan yang dimangsa.untuk makanannya     Co...